ANALISIS MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMPS PGRI 1 SUNGAI RAYA KEPULAUAN KABUPATEN BENGKAYANG

Nunu Perwati, Boharo Bohari, Pojo Sukino

Sari


Penelitian ini berjudul “Analisis Media Gambar Pada Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPA PGRI 1 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang”. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Analisis Media Gambar pada Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPS PGRI 1 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang”. Tujuan umum pada penelitian ini adalah untuk mengetahui Media Gambar pada Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPS PGRI 1 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan bentuk penelitian Study Kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran IPS, Wakil Kepala Sekolah Kurikulum, siswa-siswi kelas VIII SMPS PGRI 1 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang. Analisis data dilakukan saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu.Berdasarkan pengolahan data yang telah disajikan, maka secara umum dapat ditarik kesimpulan Analisis Media Gambar Pada Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPA PGRI 1 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang efektif untuk diterapkan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Munadi, Yudhi. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta.Sadiman, Arief dkk. 2012. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Alwi, S. 2017. Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (2), 162.

Ananda, Rusydi. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan : LPPI.

Anitah, Sri. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Juli. 2014. Analisis Pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya. Skripsi IKIP PGRI Pontianak: Tidak diterbitkan.

Jurnal :

Yuswanti. 2015. Pengunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD.PT. Lestari Tani Teladan (LTT): Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3 (4), 194.

Idris, Muhammad dkk. 2015. Pemanfaatan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Inpres Salabenda. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4 (11), 158.

Rahimah. 2017. Penerapan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Metematika Siswa Kelas IV SDN 003 Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Primary Program Study Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6 (2), 531.

Skripsi:

Prasetiyo, Ramadan Dwi. 2018. Analisis Penggunaan Media oleh Guru dalam Penbelajaran IPS pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 4 Singkawang. Skripsi IKIP PGRI Pontianak: Tidak diterbitkan.

Nenilia, Kristiana. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Katolik Santu Petrus Pontianak. IKIP PGRI Pontianak. Tidak diterbitkan.

Simanjuntak, Verawati. 2017. Analisis Penerapan Metode Diskusi pada Pembelajaran Sejarah di Kelas X SMA Karya Kabupaten Sekadau. Skripsi IKIP PGRI Pontianak: Tidak diterbitkan.

Nurhalipah. 2017. Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas VIII MTs Mujahidin Pontianak tahun ajaran 2017/2018. Skripsi IKIP PGRI Pontianak: Tidak diterbitkan.

Susanti, Juli. 2014. Analisis Pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya. Skripsi IKIP PGRI Pontianak: Tidak diterbitkan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##