PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII IPS TERPADU SMP NEGERI 6 MONTERADO KABUPATEN BENGKAYANG

Rita Rita, Sahid Hidayat, Agus Dediansyah

Sari


Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui pengaruhstrategi pembelajaran The Power of Two terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII IPS Terpadu SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tru-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design.  Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan Strategi pembelajaran The Power Of Two pada siswa kelas VIIIIPS Terpadu SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang, diperoleh nilai 72,46% dengan kategori baik; (2) Aktivitas belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran The Power Of Two pada siswa kelas VIII IPS Terpadu SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang, diperoleh nilai 72,21% dengan kategori baik; (3) Terdapat pengaruh pengaruh strategi pembelajaran The Power of Two terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII IPS Terpadu SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang.Oleh karena itu, model regresi ini dapat dipakai untuk memprediksi variabel aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang, diketahui nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel strategi pembelajaran The Power Of Two (X) berpengaruh terhadap variabel aktivitas belajar siswa (Y), berdasarkan nilai thitung sebesar  30,731 > ttabel 2,056, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel strategi pembelajaran The Power Of Two (X) berpengaruh terhadap variabel aktivitas belajar siswa (Y).


Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ali, J. (2012). Strategi Pembelajaran Aktif The Power Of Two.Yogyakarta: Jurnal Pendidikan.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Aryawan, P. E. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar. Yogyakarta: Jurnal Mimber PGSD (vol 2).

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Dediansyah, Agus. (2016). Perbedaan Pengaruh Model Pemblajaran Kooperatif Tipe Number Heads Togerher (NHT) Dan Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Sejarah Siswa. Historika.

Dimyati,Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Hamalik Oemar. (2003). Peroses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Isdiyanto, B. (2003). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning). Semarang: LKGI Matematika Jateng.

Isjoni. (2007). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung. Alfabeta.

Lie, A. (2002). Cooperatif Learning Mempraktikan Cooperatif Learning Diruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidika. Bandung: CV Pustaka Setia.

Manuba, S. (2013). Strategi Pembelajaran Aktif The Power Of Two Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa. Denpasar Bali: Jurnal Pendidikan 02.

Mulyo M. Antor. (2001). Aktivitas belajar. Bandung Yrama

Muqowin. 2007. “Strategi Pembelajaran”. http://muqowin.com. Diakses tanggal 28 Februari 2011

Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nur, M. (2001). Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Nawawi,H. (2001). Manajemen sumber daya manusia. Gadjah Mada university press. Yogyakarta

Perwitasari, S. (2013). Penerapan Model Kooperatif The Power of Two. Surakarta: Jurnal Pendidikan.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Ridha Erwin. (2007). Pengaruh Aktivitas Belajar. Yogyakarta: Jurnal pendidikan

Slavin, R, E. (1995). Cooperative Learning The Org Research, and Practive Second Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon.

(2005). Cooperative Learning The Org Research, and Practive Second Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon.

Subana. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Subana, dkk. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Sumarmi. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.

Suprijono. (2015). Cooperatif Learning Teori dan Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono (2007). Metode penelitian kuantitatif kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta

. (2009). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

. (2010). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

. (2011). Metode penelitian administratife. Bandung: Alfabeta

(2014). Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sudirman. (2006). “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar” Jakarta PT. Raja Grafindo Persada

Sumanto Wasty. (2006). Psikologi Pendidkkan. Malang: PT. Bumi Aksara

Sungkono Dkk. (2008). Pengembangan Bahan Pembelajaran. Jakarta: Jurnal Pendidikan.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Pernada Media Group.

Wijayanti, P. (2002). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning). Surabaya: University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Whitten, dkk. (2004). Metode Desain dan Analisis Sistem. Terjemahan oleh Tim Penerjemah ANDI. 2004. Yogyakarta: ANDI.

Yamin Martimis. (2007). Kiat Mengajar Siswa. Jakarta. Gedung Perdesaan Press dan Center For Learning Innovation (CLI).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##