PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII IPS TERPADU SMP NEGERI 6 MONTERADO KABUPATEN BENGKAYANG
Sari
Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui pengaruhstrategi pembelajaran The Power of Two terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII IPS Terpadu SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tru-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan Strategi pembelajaran The Power Of Two pada siswa kelas VIIIIPS Terpadu SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang, diperoleh nilai 72,46% dengan kategori baik; (2) Aktivitas belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran The Power Of Two pada siswa kelas VIII IPS Terpadu SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang, diperoleh nilai 72,21% dengan kategori baik; (3) Terdapat pengaruh pengaruh strategi pembelajaran The Power of Two terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII IPS Terpadu SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang.Oleh karena itu, model regresi ini dapat dipakai untuk memprediksi variabel aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang, diketahui nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel strategi pembelajaran The Power Of Two (X) berpengaruh terhadap variabel aktivitas belajar siswa (Y), berdasarkan nilai thitung sebesar 30,731 > ttabel 2,056, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel strategi pembelajaran The Power Of Two (X) berpengaruh terhadap variabel aktivitas belajar siswa (Y).
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Ali, J. (2012). Strategi Pembelajaran Aktif The Power Of Two.Yogyakarta: Jurnal Pendidikan.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Aryawan, P. E. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar. Yogyakarta: Jurnal Mimber PGSD (vol 2).
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Dediansyah, Agus. (2016). Perbedaan Pengaruh Model Pemblajaran Kooperatif Tipe Number Heads Togerher (NHT) Dan Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Sejarah Siswa. Historika.
Dimyati,Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta
Hamalik Oemar. (2003). Peroses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Isdiyanto, B. (2003). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning). Semarang: LKGI Matematika Jateng.
Isjoni. (2007). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung. Alfabeta.
Lie, A. (2002). Cooperatif Learning Mempraktikan Cooperatif Learning Diruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidika. Bandung: CV Pustaka Setia.
Manuba, S. (2013). Strategi Pembelajaran Aktif The Power Of Two Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa. Denpasar Bali: Jurnal Pendidikan 02.
Mulyo M. Antor. (2001). Aktivitas belajar. Bandung Yrama
Muqowin. 2007. “Strategi Pembelajaran”. http://muqowin.com. Diakses tanggal 28 Februari 2011
Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nur, M. (2001). Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: University Press. Universitas Negeri Surabaya.
Nawawi,H. (2001). Manajemen sumber daya manusia. Gadjah Mada university press. Yogyakarta
Perwitasari, S. (2013). Penerapan Model Kooperatif The Power of Two. Surakarta: Jurnal Pendidikan.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Ridha Erwin. (2007). Pengaruh Aktivitas Belajar. Yogyakarta: Jurnal pendidikan
Slavin, R, E. (1995). Cooperative Learning The Org Research, and Practive Second Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon.
(2005). Cooperative Learning The Org Research, and Practive Second Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon.
Subana. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Subana, dkk. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Sumarmi. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.
Suprijono. (2015). Cooperatif Learning Teori dan Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono (2007). Metode penelitian kuantitatif kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta
. (2009). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
. (2010). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
. (2011). Metode penelitian administratife. Bandung: Alfabeta
(2014). Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sudirman. (2006). “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar” Jakarta PT. Raja Grafindo Persada
Sumanto Wasty. (2006). Psikologi Pendidkkan. Malang: PT. Bumi Aksara
Sungkono Dkk. (2008). Pengembangan Bahan Pembelajaran. Jakarta: Jurnal Pendidikan.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Pernada Media Group.
Wijayanti, P. (2002). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning). Surabaya: University Press. Universitas Negeri Surabaya.
Whitten, dkk. (2004). Metode Desain dan Analisis Sistem. Terjemahan oleh Tim Penerjemah ANDI. 2004. Yogyakarta: ANDI.
Yamin Martimis. (2007). Kiat Mengajar Siswa. Jakarta. Gedung Perdesaan Press dan Center For Learning Innovation (CLI).
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##