ANALISIS KURIKULUM 2013 DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 3 MONTERADO KABUPATEN BENGKAYANG

Nanda Nanda, Emi Tipuk Lestari, Teguh Agustian

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Saintifik Studi pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Monterado Kabupaten Bengkayang.Fokus penelitian ini adalah bagaimanakah Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Saintifik studi pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Monterado Kabupaten Bengkayang. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif denganbentuk penelitianadalah deskriptif analisisis. Penelitian menggunakan teknik dan pengumpulan data yaitu ,komunikasi langsung dengan pedoman wawancara, teknik observasi langsung dengan alat pengumpul pedoman observasi dan teknik observasi dengan alat pengumpul dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian secara umum kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik studi pada mata pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Monterado Kabupaten Bengkayang sudah berjalan dengan baik


Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Emi Tipuk dkk (2019).Value Historis Situs Kelenteng Pantulak Sebagai Sumber Belajar IPS Berbasis Pendidikan Multikulture Kelas VII di SMPN 3 Sungai Ambawang. Jurnal IKIP PGRI Pontianak Vol. 16, No. 2 Tahun 2019 | 133-148.

Bahri, Saiful dan Emi Tipuk Lestari.(2020). Implementasi Pengembangkan Nilai Peduli Sosial Melalui Tradisi Tre-Ater Masyarakat Suku Madura Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.Jurnal Ilmu Kepedndidikan Vol.10 Nomor 2 Juni 2020.

Lestari, Emi Tipuk. (2013). Pengaruh Penggunaan Sumber Primerdalam Pembelajaran IPS / Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa ( Studi Kuasi Eksperimen DIMTs Swasta Al-IKLAS KUALA MANDOR B PONTIANAK). Jurnal Pendidikan Vol 11. No 2.Tahun 2013.

Lester D. Crow dan Alice Crow. (2018). Educational Psychology, (New York: American Book Company.

Majid.A. (2014).Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Meliawati.(2015). Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Dalam Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013.e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume: 3 No: 1 Tahun 2015.

Sugiyono (2011).Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##