ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH MASA PANDEMI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 SEPAUK KABUPATEN SINTANG

Kristina Yupita, Emusti Rivasintha

Sari


Tujuan penelitianini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran sejarah secara efektif pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang. 2) Untuk mengetahui Pelaksanaan pembelajaran sejarah secara efektif pada siswa kelas XI IPS 1  SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang. 3) Untuk mengetahui kendala-kendala dan solusi yang dilakukan dalam pembelajaran sejarah secara efektif pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dalam bentuk pendekatan penelitian studi kasus. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa informan, tempat penelitian dan dokumentasi sedangkan data sekunder berupa bahan pustaka, literatur, penelitian terdahulu, buku, dan jurnal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung, tekik observasi langsung, dan teknik dokumenter. Adapun alat pengumpulan data berdasakan pada teknik pengumpulan data yang digunakan berupa panduan wawancara, panduan observasi, dan dokumentasi. Validasi data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Kesimpulan penelitian ini adalah berdasarkan hasil penelitian secara spesifik yaitu mengenai Perencanaan pembelajaran sejarah dan efektivitas pelaksanaan pembelajaran sejarah di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang telah dikategorikan baik, persiapan pembelajaran sejarah yang dilakukan guru telah disusun secara terprogram, dimulai dari perencanaan dengan mempersiapkan berbagai perangkat pembelajaran seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, merumuskan topik, materi atau masalah yang akan dibahas/disajikan, menentukan sumber pembelajaran serta merencanakan alat penilaian. Selanjutnya efektivitas pelaksanaan pembelajaran dilihat dari cara guru untuk merangsang siswa untuk aktif dalam belajar.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Danim, Sudarwan. (2002). Menjadi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Firdaus. 2020. Implementasi dan Hambatan Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Utile, 6 (2): 220-225.

Ismaun. 2005. Filsafat Sejarah. Bandung: Historia Utama Press.

Moleong, Lexy. J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada. University Press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zuldafrial. 2012. Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Media Perkasa


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##