ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK
Sari
Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan Perencanaan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten Landak. Mendeskripsikan Pelaksanaan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten Landak, Mendeskripsikan Evaluasi Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten Landak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dalam bentuk deskriptif. Data dan sumber data dalam penelitian ini berupa informan, arsip dan dokumen dan tempat penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan teknik dokumentasi. Adapun alat pengumpulan data berdasarkan pada teknik pengumpulan data yang digunakan berupa panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumen. Validasi data yang digunakan adalah triangulasi teknik triangulasi sumber. Kesimpulan penelitian ini adalah berdasarkan hasil wawancara yaitu mengenai Perencanaan aktivitas belajar pada pembelajaran sejarah dan Pelaksanaan aktivitas belajar pada pembelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten Landak sudah baik. Selain itu juga Evaluasi aktivitas belajar siswa pada pembelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten Landak yang sudah dilakakukan guru baik dalam evaluasi konsentrasi siswa, daya serap siswa, dan kedisiplinan siswa sudah berjalan dengan cukup baik.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Pembelajaran Sejarah
Teks Lengkap:
DOWNLOAD PDFReferensi
Ariandi, Y. (2017,). Analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan aktivitas belajar pada model pembelajaran PBL. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 579-585).
Aziza, F. N., & Yunus, M. (2021, August). Peran orang tua dalam membimbing anak pada masa study from home selama pandemi Covid 19. In UrbanGreen Conference Proceeding Library (pp. 112-114).
Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. (2015). Pengaruh efikasi diri, aktivitas, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(2), 86-101.
Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).
Nadlir, N. (2013). Perencanaan pembelajaran berbasis karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studien),2 (2), 339-352.
Oktabela, M. E. (2019). Pelaksanaan Pembangunan Kawasan Industri Di Piyungan Kabupaten Bantul Berdasarkan Peraturan Daerah Bantul Nomor 4 Tahun 2011 (Doctoral dissertation, UAJY).
Rintayati, P., Dkk. (2012). Meningkatkan aktivitas belajar (active learning) siswa berkarakter cerdas dengan pendekatan sains teknologi (STM). Didaktika Dwija Indria, 1(2).
Robert, (2009). Studi Kasus Desain Dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sutopo. H.B. (2006). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
YULIANTARI, R. F. (2014). Evaluasi Hasil Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)Pada Mata Pelajaran IPS Kompetensi Dasar Sejarah (Studi Kasus: SMP Kartika Nasional Plus Surabaya Kelas VIII Semester 1). Avatara, 2(1).
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##