ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SENGAH TEMILA

Nindaria Rika, Nunik Esti Utami, Jannah Jannah

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi belajar sejarah siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Sengah Temila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik yang digunakan yaitu teknik observasi, teknik komunikasi langsung, dan teknik dokumentasi dengan alat pengumpul data yaitu panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi berupa silabus, RPP, serta telah dokumentasi. Pengujian keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi yaitu Triangulasi Sumber dan Trianggulasi metode. Aktivitas dalam analisis data, yaitu: data reduction (reduksi data), data display (sajian data), dan conclusion drawing/verification (kesimpulan dan verifikasi). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa motivasi belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Sengah Temila baik hal ini di tandai dengan aktifnya siswa selalu antusias untuk bertanya mengenai materi yang belum mereka pahami, strategi guru dalam memberikan motivasi yaitu dengan memberi angka yang objektif pada tugas harian, ulangan harian, atau ulangan umum semester, memberikan hadiah kepada siswa yang mendapatkan juara perlombaan, serta pujian kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan, kendala guru dalam memberikan motivasi yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri, guru, media, metode dan waktu.

Kata Kunci : Analisis, Motivas iBelajar


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


A, Aman. (2011). “Model Evaluasi PembelajaranSejarah”Yogyakarta: Ombak.

Fathurrohman, P & Sutikno, S. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kruy, S & Garvey, B. (2019). “Model-Model Pembelajaran Sejarah Menengah.” Yogyakarta: Ombak.

Kochar. S.K ( 2008). “Pembelajaran Sejarah Teaching Of History”. Jakarta: PT Gasindo.

Mudjiono (2006). “Belajar dan Pembelajaran.” Jakarta:Rineka Cipta.

Nawawi, H, (2019). “Metode Penelitian Bidang Sosial”. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

SriWahyuni&LeoAgung.(2013). “Perencaan Pembelajaran Sejarah”. Yogyakarta: Ombak

Zuldafrial. (2012). “Strategi Belajar Mengajar.” Suarakarta: Cakrawala Media.

Zuriah, N. (2019). “Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori Aplikasi” Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##