PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA PELITA NGABANG

Ilda Lusiana, Yulita Dewi Purmintasari, Agus Dediansyah

Sari


 Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Think Pair Shareterhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Pelita Ngabang. Adapun secara khusus tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Aktivitas siswa sebelum menggunakan metode pembelajaranThink Pair Share; (2) Aktivitas siswa sesudah menggunakan metode pembelajaranThink Pair Share; (3) Apakah terdapat pengaruh metode pembelajaranThink Pair Shareterhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Pelita Ngabang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi ekperimental dengan rancangan nonequivalent control group design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XISMA Pelita Ngabang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI A dan XI B.Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalahteknik observasi langsung, teknik komukasi tidak langsung dan teknik studi dokumenter. Adapun alat pengumpul data pada penelitian ini adalah lembar observasi, kuesioner dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan statistik deskriptif dan uji T. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk  angket.

Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata aktivitas belajar siswa  sebelum diterapkan metode pembelajaran Think Pair Sharedi kelas XI SMA Pelita Ngabang adalah 67%; (2) Rata-rata aktivitas belajar siswa sesudah diterapkan metode pembelajaran Think Pair Sharedi kelas XI SMA Pelita Ngabang adalah 68%; (3) Terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Think Pair Sharedi kelas XI SMA Pelita Ngabang

Kata Kunci: Think Pair Share, Aktivitas Belajar Siswa, Mata Pelajaran Sejarah


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. (2010). “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik.” Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. (2013). “Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi : Format-format kuantitatif dan kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan public, komunikasi, manajemen, dan pemasaran.” Jakarta: Kencana prenada media group.

Darmawan Deni. (2016). “Metode Penelitian Kuantitatif.“ Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Hamdani, M.A. (2011). “Strategi Belajar Mengajar.” Bandung: CV Pustaka Setia.

Huda, Miftahul. (2019).”Cooperativ learning.” Yogyakarta : Perpustakaan Pelajar.

Huda, Miftahul. (2013). “Model-model pengajaran dan pembelajaran.” Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ibrahim, dkk. (2002). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Lie, A. (2003).” Cooperatif Learning.” Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.

Martono, Nanang (2011). “Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder.” Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Martono, Nanang. (2011). “Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder.” Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

M. Dol, Sunita. (2014). “TPS (Think-Pair-Share): An Active Learning Strategy to teach Theory Of Computatuion course. International journal of educational research and technology.” Issue 4. Vol 5 page 62-67.

Nasehudin, Toto Syatori. dan Gozali, Nanang. (2012).”Metode PenelitianKuantitatif.”Bandung: Pustaka Setia.

Purbayu, Budi, Santosa dan Anshari. (2005).”Analisis Statistik Dengan Microsoft Excel & SPSS.” Yogyakarta Andi Offset.

Sudjana, Nana. (2009).” Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung.” PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono (2013). “Metode Penelitian Pendidikan.” Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). “Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.” Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2017). “Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi Paikem.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widyoko, Eko Putro. (2012). “Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zuldafrial. (2004). “Bahan Ajar Mata Kuliah Penelitian Kuantitatif.” Pontianak: Stain Pontianak Press.

Jurnal

Dediansyah, Agus.(2016). “Sosial Herizon: Hubungan Pengelolahan Kegiatan Belajar Mengajar Dengan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 1.” Pemangkat: Jurnal Pendidikan Sosial. Vol 3, 181.

Ningtyas, esthi santi, wuryani, emy.2017. “penerapan model pembelajaran kooperatif learning) tipe make – a match berbantuan media komik interaktif untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPS.” Jurnal oendidikan surya edukasi. Vol.3, 71.

Salam,Reskiwati.2017.”Efektivitas Penggunaan Model Pembelajarab Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Komunikasi Matematis” Indonesian Journal Of Education Study. Vol 20. 89.

Sinaga, Tiorly. 2017. “Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Think Pair” Share: Jurnal Global Edukasi. Vol.1,67.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##