ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS E- LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 4 PONTIANAK KOTA

Rezza Yudha Patrya, Suwarni ., Muhammad Sadikin

Sari


Penelitian ini berjudul Analisis Pembelajaran Sejarah Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Pontianak Kota, adapun fokus dari masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis E-Learning menggunakan aplikasi Google Classroom dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Pontianak Kota, 2) Bagaimana penerapan pembelajaran berbasis E-Learning menggunakan aplikasi Google Classroom dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Pontianak Kota Dan 3) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi Guru sejarah dalam penerapan pembelajaran berbasis E-Learning menggunakan aplikasi Google Classroom dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Pontianak Kota.

Berdasarkan hasil data dapat disimpulkan: 1) Pihak sekolah telah membuat perencanaan pembelajaran, yaitu dengan menghasilkan kurikulum masa pandemi atau kurikulum darurat. Hal ini dilakukan karena dengan adanya pandemi dan surat edaran yang dicanangkan oleh KEMENDIKBUD untuk belajar dirumah maka pihak sekolah menyusun kurikulum darurat yang berisi pembelajaran berorientasi pada kegiatan belajar dirumah melalui pembelajaran e-learning., 2) Agar penerapan pembelajaran e-learning ini sesuai, maka  upaya yang dilakukan sekolah supaya berjalan dengan baik yaitu mengadakan beberapa kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kompetensi guru dalam menerapkan pembelajaran e-learning antara lain Workshop Online dan Tutor sebaya 3) Dalam hal ini beberapa kendala yang ada dalam Pembelajaran Sejarah Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Kelas XI IPS Di SMA Negeri 4 Pontianak Kota antara lain jaringan komunikasi, penilaian afektif dan psikomotorik, pembagian waktu dengan siswa, kurangnya motivasi yang diberikan oleh orang tua, dan masih ada nilai dibawah standar yang diberikan oleh guru

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ahmadi,Lif Khoiru,dkk.2011.Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu.Jakarta Prestasi Pustaka Publisher.

Chandrawaati,Sri,Rahayu.2010. Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Keguruan, Vol 8 No 2.

Direktorat Tenaga Keguruan.2008.Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta : Dipdiknas.

Efendy,Empy dan Hartono Zhuang. 2005.E-learning (Konsep dan Aplikasi).Yogyakarta : Penerbit Andi.

Haidir, Salim.2012.Strategi Pembelajaran (Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif). Medan

: Perdana Publishing.

Hartanto,Wiwin.2016.Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran.Program Studi Ekonomi FKIP UNEJ

Moleong,LeXI IPSy J.2006.Metodelogi Penelitian Kualitatif.Bandung. PT Remaja Rosda Karya.

Munir.2009. Pembelajaran Jarak Jauh.Bandung : Alfa Beta.

Poppy, R, Yaniawati.2010.E-learning dan Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung : Arfino Raya.

Silahuddin.2015.Penerapan E-LEARNING dalam Inovasi Guruan.Jurnal Ilmiah CIRCUIT.Vol. 1 No. 1.

Soekartawi.2007.Merancang dan Menyelenggarakan E-learning.Yogyakarta

: Ardan Media.

Sugiyono.2013.Metode Penelitian Kuantitaif,Kualitatif. Bandung : Alfa Beta. Sugiyono.2016.Metode

Suryadi.2013.Strategi Pembelajaran Guruan Karakter.Bandung : PT Remaja Rosyada.

Tafiardi.2005.Meningkatkan Mutu Guruan Melalui E-Learning.Jurnal Guruan Penabur.No.4.

Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian Guruan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Hariyanto. (1995). Mempelajari Sejarah Secara Efektif. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Hartono Kasmadi. (1996). Model-Model Dalam Pengajaran Sejarah. Semarang: IKIP Semarang Press.

Isjoni. (2007). Pembelajaran Sejarah Pada Satuan Guruan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Guruan, Jakarta: Kencana

Sutopo HB. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Guruan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Guruan Nasional. Jakarta: CV. Eko Jaya.

Empy Effendi, H. Z. (2005). E-learning Konsep dan Aplikasi. Andi.

Kamarga. (2000). Sistem E-Learning. Salemba Empat.

Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) terhadap Mutu Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(1), 41–54. https://doi.org/10.20422/jpk.v17i1.5

Kemdikbud, R. (2020). Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Guruan Seluruh Indonesia.

Kementrian, D. N. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Tim Penyusun. (2014). Pedoman Operasional Tahun Akademik 2014/2015 tentang Akademik, Kesiswaan, dan Penulisan Skripsi. Pontianak: IKIP – PGRI Pontianak


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##