UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE SIMULASI GAME DIKELAS X IIS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 1 MEMPAWAH HULU
Sari
Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatka Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Simulasi Game DiKelas X IIS Pada Mata Pelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Mempawah Hulu”. Fokus penelitian ini adalah “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Simulasi Game Dikelas X IIS Pada Mata Pelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Mempawah Hulu”.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik pengukuran, dan teknik studi documenter alat pengumpulan data yakni lembar observasi, soal tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif, Indikator kinerja dikatakan berhasil apabila 80% dari nilai dari keseluruhan jumlah siswa-siswi dikelas X IIS terlibat secara aktif baik dalam proses pembelajaran dan mencapai kriteria hasil belajar dengan kategori baik.
Hasil penelitian tindakan ini terdiri dari tahap Pra Tindakan, siklus I dan siklus II, berdasarkan hasil sebelum menggunakan metode simulasi dari data nilai yang diperolah dari hasil pra tindakan hasil belajar siswa masih belum memuaskan karena masih banyak yang dibawah KKM. 2) Melalui kegiatan penelitian dan pengukuran hasil belajar dapat diketahui dengan hasil belajar siswa dikelas X IIS SMA Negeri 1 Mempawah Hulu yaitu nilai rata-rata 70,42 siklus I dengan presentase 48,57% sedangkan siklus II nilai rata-rata 78,71 nilai presentase 88,85% dengan kategori baik.
Kata Kunci : Metode Simulasi Game, Hasil belajar
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agung, Leo & Sri Wahyuni (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Arifin, T., Rosidin, U., & Wahyudi, I. (2015). Pengembangan Media Sains Berbasis Game Edukasi pada Materi Tata Surya. Jurnal Pembelajaran Fisika , 3 (2).
Arikonto Suharsimi. (2014). Prosesdur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Darmadi Hamid. (2015). Desain dan Implentasi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta
Hamdani, (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Handayani, N. D. (2018). Pengaruh Metode Simulasi terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi dan Bisnis Kompetensi Dasar Menghitung Biaya Produksi di Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Swasta Nasional Bandung Tahun Ajaran 2017/2018) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Jihad, Asep & Haris Abdul. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Lutfiani, L., Saefuddin, A., & Rohaniawati, D. (2021). Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Psikomotor Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 55-64.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Ningsih, I. R. (2017). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Dan Simulasi Game Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Keaktifan Siswa Pada Tema 1 Sub Tema 2 Kelas Iv A Semester Gasal Mit Nurul Islam Semarang Tahun. On Indonesian Islam, Education And Science (Iciies) 2017, 596.
Nabillah, T., & Abadi, A.P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sinurat, B. J. (2019) Model Pembelajaran Simulasi. Di akses dari Academia. ed. Pada, 3
Setiawan, Y. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Simulasi terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Kelas VIII SMPN 1 Bontonompo.
Sudjana Nana. (2014) Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Trianto, (2007) Model Pembelajaran terpadu, Jakarta: Bumi Aksara
Zuldafrial. (2012). Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: media Prakasa
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##