ANALISIS NILAI-NILAI MULTIKULTUR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII A SMPN 13 SATAP SUNGAI KAKAP

Lusiana Mimi, Emusti Rivasintha, Muhammad Thamimi

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Nilai Multikultur di kelas VIII A SMPN 13 Satap Sungai Kakap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, bentuk penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik yang digunakan Teknik observasi, tekni komunikasi langsung, dan studi dokumentasi dengan alat pengumpulan data yaitu panduan obervasi, panduan wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data peneliti menggunakaan triangulasi Teknik dan triangulasi sumber.Aktivitas dalam analisis data, yaitu edukasi data, sajian data dan kesimpulan data verifikasi.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai Multikultur di kelas VIII A SMPN 13 Satap Sungai Kakap sudah baik dan dijalankan sesuai visi misi sekolah. Perencanaan pembelajaran nilai Multikultur yang memiliki tujuan sesuai dengan Kompetensi Dasar. Pelaksanaan nilai Multikultur dalam pembelajaran IPS dapat dilakukan dengan baik tidak hanya sebagai pedoman dengan buku dan menjadi pelengkap pembelajaran. Kendala yang guru alami dalam meberikan Nilai Multikultur yaitu faktor yang berasal dari diri siswa tersebut dan Masyarakat.

Kata Kunci


Kata Kunci :Analisis, Nilai Multikultur, IPS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darmadi, Hamid. Pengantar

pendidikan era globalisasi .

Tangerang: Lembaga literasi

Dayak(LLD). 2019.

Moleong, L.J (2017) .Metode

Penelitian Kualitatif. Bandung.

PT. Remaja.

Zuldafrial, Muhammad Lahir. (2012).

Penelitian Kualitaif. Surakarta:

Yuma Pustaka

Anggreni, A. (2014). Karakteristik dan

Bentuk Perkembangan Pendidikan

Multikulturalisme di Indonesia.

(1), 2–13

Dwi Erna, Yusuf Falaq, Sumber

Belajar Ethnopedadogy, Jurnal

Pendidikan Ilmu Pengetahuan

Sosial Indonesia. Vol. 9 No. 1

(2020) hal: 20-46

C.Sri Hartaty.S, Saiful Bahri, dkk,

Internalisasi Nilai-nilai Dalam

Sistem Beuma Masyarakat Desa

Nanga Mahap Dalam Pembelajaran IPS Berbasis

Etnopedagogi. Jurnal Basicedu.

Vol. 06, No 3 (2020) Hal: 5399


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##