ANALISIS NILAI-NILAI MULTIKULTUR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII A SMPN 13 SATAP SUNGAI KAKAP
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Nilai Multikultur di kelas VIII A SMPN 13 Satap Sungai Kakap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, bentuk penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik yang digunakan Teknik observasi, tekni komunikasi langsung, dan studi dokumentasi dengan alat pengumpulan data yaitu panduan obervasi, panduan wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data peneliti menggunakaan triangulasi Teknik dan triangulasi sumber.Aktivitas dalam analisis data, yaitu edukasi data, sajian data dan kesimpulan data verifikasi.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai Multikultur di kelas VIII A SMPN 13 Satap Sungai Kakap sudah baik dan dijalankan sesuai visi misi sekolah. Perencanaan pembelajaran nilai Multikultur yang memiliki tujuan sesuai dengan Kompetensi Dasar. Pelaksanaan nilai Multikultur dalam pembelajaran IPS dapat dilakukan dengan baik tidak hanya sebagai pedoman dengan buku dan menjadi pelengkap pembelajaran. Kendala yang guru alami dalam meberikan Nilai Multikultur yaitu faktor yang berasal dari diri siswa tersebut dan Masyarakat.
Kata Kunci
Kata Kunci :Analisis, Nilai Multikultur, IPS
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Darmadi, Hamid. Pengantar
pendidikan era globalisasi .
Tangerang: Lembaga literasi
Dayak(LLD). 2019.
Moleong, L.J (2017) .Metode
Penelitian Kualitatif. Bandung.
PT. Remaja.
Zuldafrial, Muhammad Lahir. (2012).
Penelitian Kualitaif. Surakarta:
Yuma Pustaka
Anggreni, A. (2014). Karakteristik dan
Bentuk Perkembangan Pendidikan
Multikulturalisme di Indonesia.
(1), 2–13
Dwi Erna, Yusuf Falaq, Sumber
Belajar Ethnopedadogy, Jurnal
Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial Indonesia. Vol. 9 No. 1
(2020) hal: 20-46
C.Sri Hartaty.S, Saiful Bahri, dkk,
Internalisasi Nilai-nilai Dalam
Sistem Beuma Masyarakat Desa
Nanga Mahap Dalam Pembelajaran IPS Berbasis
Etnopedagogi. Jurnal Basicedu.
Vol. 06, No 3 (2020) Hal: 5399
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##