PERKEMBANGAN MASYARAKAT DAYAK SAWEDIKABUPATEN SEKADAU TAHUN 1960-2003

Deni Dionisia, Yulita Dewi Purmitasari, Hana Mauludea

Sari


Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Asal-usul penduduk asli Dayak Sawe di desa Nanga Biaban Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau yang menurut kisah pada zaman dahulu kala ada kerajaan yang bernama Labe-Lawe yang sekarang disebut Nanga Labai, Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Ketapang tempat asal suku Dayak Sawe berada sebelum berpindah tempat dan berpencar ke daerah Hulu Kabupaten Sekadau dimana sebab-akibat dari berpindah tempat tinggal masyarakat Dayak Sawe ini diakibatkan tragedi diserangnya kerajaan Labe-Lawe oleh segerumulan cacing-cacing yang marah pada masyarakat kerajaan Labe-Lawe yang dengan sengaja memakan kawaan cacing lainnya sebagai lauk-pauk bahkan disajikan pada raja saat pesta besar berlangsung dikerajaan itu. (2) Hukum adat-istiadat masyarakat Dayak Sawe yang berhubungan mengatur kehidupan sehari-hari, besarnya pengaruh adat dalam setiap seluk-beluk kehidupan sosial-budaya dan perkembangan masyarakat Dayak Sawe dari tahun 1960-2003 di Kabupaten Sekadau

Kata Kunci


Kata Kunci: Masyarakat Dayak Sawe, Eksistensi 1960-2003

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afidah, D. (2021). Diktat Mata Kuliah

Metodologi Penelitian Sejarah.

Jember : UIN Kiai Haji

Achamd Siddiq

Darwis, Robi. (2017). Tradisi

Ngaruwat Bumi Dalam

Kehidupan Masyarakat (Studi

Deskriptif Kampung Cihideung

Girrang Desa Sukakerti

Kecamatan Cisalak Kabupaten

Subang). Jurnal Studi Agama

agama dan lintas budaya 2,1

(September 2017): 75-83.

Juri & Suseka, S. (2020).Peran Tokoh

Adat Dalam Melestarikan

Pernikahan Adat MataMalam

Subsuku Dayak Sawe.

JurnalPendidikan, Penelitian,

Pengabdian Pendidikan

Pancasila

&Kewarganegaraan.Vol.8

(2),24-31.

Seokanto,S. (2009). Sosiologi Suatu

Pengantar. Jakarta : PT.

Rajagrafindo Persada.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar

Pendidikan Anak Usia

Dini.Yogyakarta : Insan

Madani


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##