Sari
Penelitian ini berjudul “Analisis Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Di Kelas X SMA 01 Sungai Laur Kabupaten Ketapang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pembelajaran sejarah di kelas X IPS 1 SMA Negeri 01 Sungai Laur Kabupaten Ketapang; 2) bagaimana hasil belajar sejarah siswa di kelas X IPS 1 SMA Negeri 01 Sungai Laur Kabupaten Ketapang; 3) fakfaktor-faktor kesulitan belajar dalam pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus.Teknik yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) pelaksanaan pembelajaran di kelas X IPS 1 SMA Negeri 01 Sungai Laur sudah berjalan dengan “baik” sesuai dengan RPP dan Silabus; 2) berdasarkan data hasil penelitian, pada pembelajaran sejarah di kelas X IPS 1 SMA Negeri 01 Sungai Laur Kabupaten Ketapang nilai rata-rata siswa yaitu 71,8 yang artinya sudah mencapai KKM. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa yaitu 90 dan nilai yang paling rendah yaitu 40. Dari total 25 orang siswa 20 orang siswa sudah mendapatkan nilai yang memenuhi KKM dan 5 orang siswa mendapatkan nilai tidak tuntas atau berada dibawah KKM (65); 3) faktor yang menyebabkan siswa kesulitan belajar sejarah di kelas X IPS 1 SMA Negeri 01 Sungai Laur yaitu terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal
Kata Kunci
Kata Kunci:Analisis, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Sejarah
Referensi
Agung, Leo dan Sri
Wahyuni.2013.Perencanaan
pembelajaran sejarah.
Yogyakarta:Ombak Dua
Sugiyono.2016. metode penelitian
kuantitatif, kualitatif dan
R&D.Bandung: Alfabeta
Sugiyono.2017. Metode Penelitian
Kantitatif, Kualitatif dan
R&D. Bandung: Alfabeta
Nurkholis. 2013. “Pendidikan Dalam
Upaya Memajukan
Teknologi”. Jurnal
Pendidikan. Volume 1 No.1.
Zuldafrial dan Muhammad
lahir.2019.Belajar dan
Pembelajaran.Surakarta:Yu
ma Pustaka
Darmadi, Hamid. (2011). Metode
penelitian pendidikan.
Bandung: Alfabeta.
Emda, Amna. (2017). “Kedudukan
Motivasi Belajar Siswa
Dalam Pembelajaran”.
Lantanida Jurnal. Volume 5
No. 2.
Arsyad, Azhar. 2005. Media
Pembelajaran. Jakarta : PT
RajaGrafindo Persada.
Sabri, H. A. (2010). Strategi Belajar
Mengajar Dan Micro
Teaching. Ciputat: Quantum
Teaching