ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA NEGERI 01 SUNGAI LAUR KABUPATEN KETAPANG

Fransiska Piani, Bohari Bohari, Hana Mauludea

Sari


Penelitian ini berjudul “Analisis Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Di Kelas X SMA 01 Sungai Laur Kabupaten Ketapang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pembelajaran sejarah di kelas X IPS 1 SMA Negeri 01 Sungai Laur Kabupaten Ketapang; 2) bagaimana hasil belajar sejarah siswa di kelas X IPS 1 SMA Negeri 01 Sungai Laur Kabupaten Ketapang; 3) fakfaktor-faktor kesulitan belajar dalam pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus.Teknik yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) pelaksanaan pembelajaran di kelas X IPS 1 SMA Negeri 01 Sungai Laur sudah berjalan dengan “baik” sesuai dengan RPP dan Silabus; 2) berdasarkan data hasil penelitian, pada pembelajaran sejarah di kelas X IPS 1 SMA Negeri 01 Sungai Laur Kabupaten Ketapang nilai rata-rata siswa yaitu 71,8 yang artinya sudah mencapai KKM. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa yaitu 90 dan nilai yang paling rendah yaitu 40. Dari total 25 orang siswa 20 orang siswa sudah mendapatkan nilai yang memenuhi KKM dan 5 orang siswa mendapatkan nilai tidak tuntas atau berada dibawah KKM (65); 3) faktor yang menyebabkan siswa kesulitan belajar sejarah di kelas X IPS 1 SMA Negeri 01 Sungai Laur yaitu terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal

Kata Kunci


Kata Kunci:Analisis, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Sejarah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, Leo dan Sri

Wahyuni.2013.Perencanaan

pembelajaran sejarah.

Yogyakarta:Ombak Dua

Sugiyono.2016. metode penelitian

kuantitatif, kualitatif dan

R&D.Bandung: Alfabeta

Sugiyono.2017. Metode Penelitian

Kantitatif, Kualitatif dan

R&D. Bandung: Alfabeta

Nurkholis. 2013. “Pendidikan Dalam

Upaya Memajukan

Teknologi”. Jurnal

Pendidikan. Volume 1 No.1.

Zuldafrial dan Muhammad

lahir.2019.Belajar dan

Pembelajaran.Surakarta:Yu

ma Pustaka

Darmadi, Hamid. (2011). Metode

penelitian pendidikan.

Bandung: Alfabeta.

Emda, Amna. (2017). “Kedudukan

Motivasi Belajar Siswa

Dalam Pembelajaran”.

Lantanida Jurnal. Volume 5

No. 2.

Arsyad, Azhar. 2005. Media

Pembelajaran. Jakarta : PT

RajaGrafindo Persada.

Sabri, H. A. (2010). Strategi Belajar

Mengajar Dan Micro

Teaching. Ciputat: Quantum

Teaching


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##