ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 JONGKONG KABUPATEN KAPUAS HULU

Apriana Apriana, Suwarni Suwarni, Miftahul Jannah

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Jongkong Kabupaten Kapuas Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, bentuk penelitian adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan teknik studi dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru sejarah, waka kurikulum, dan siswa kelas XI IPS. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Prosedur analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran sejarah yang telah guru siapkan sebelum memulai pembelajaran sudah mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan baik dan matang sehingga tercapainya tujuan pembelajaran dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran sejarah terlihat sudah baik, siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas.Evaluasi pembelajaran sejarah sudah sangat baik. Evaluasi yang di terapkan oleh guru sejarah di dalam kelas berupa tanya jawab, penugasan soal latihan dan pekerjaan rumah.

Kata Kunci


Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Aktivitas Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, Leo. Wahyuni, Sri. (2013). Perencanaan

Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta:

Ombak.

Hamdani (2011). Strategi Belajar Mengajar.

Bandung: Pustaka Setia

Nawawi, H. (2019). Metode Penelitian Bidang

Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada.

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran

Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. (2012). Interkasi dan Motivasi Belajar

Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Setyawati, Rony. (2020). Mengingkatkan

Aktivitas Belajar Sejarah Siswa Melalui

Metode Diskusi Kelompok pada Materi

Perkembangan Kolonialisme dan

imperialisme di Indonesia di SMA

Negeri 2 Batanghari. Jurnal Education of

Batanghari, 2 (8), 175-187.

Slameto. (2015). Belajar dan Fakto-faktor yang

Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Zuldafrial. Lahir, Muhammad (2016). Evaluasi

Pendidikan dan Penelitian Tindakan

Kelas. Surakarta: Cakrawala Media


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##