ANALISIS MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP YAKHALUSTI PONTIANAK

Rivaldo Rivaldo, Suwarni Suwarni, Teguh Agustian

Sari


Abstrak

Judul skripsi ini adalah “Analisis manajemen kelas pada pembelajaran IPS kelas VIII SMP Yakhalusti Pontianak”. Fokus penelitian ini adalah “Analisis manajemen kelas pada pembelajaran IPS kelas VIII SMP Yakhalusti Pontianak”. Berdasarkan hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas pada pembelajaran IPS kelas VIII SMP Yakhalusti Pontianak sudah terlaksana dengan baik. Secara khusus dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan manajemen kelas pada pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Yakhalusti Pontianak sudah terlaksanakan dengan baik, berdasarkan indikator yang ada bahwa sebelum melaksanakan pembelajaran IPS, terlebih dahulu menyusun perangkat pembelajaran dalam apersepsi seperti silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan menyesuaikan kurikulum 2013. Penyusunan perangkat pembelajaran untuk menjadi langkah-langkah apa saja yang dilakukan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. (2) Pelaksanaan sistem pengorganisasian manajemen kelas pada pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Yakhalusti Pontianak sudah terlaksanakan dengan baik, guru memberikan motivasi, menggunakan media dalam pembelajaran, dan melakukan diskusi kelompok. (3) Kendala dan cara guru dalam melaksanakan manajemen kelas yang baik pada pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Yakhalusti Pontianak sudah terlaksanakan dengan baik juga. Kendala guru pada saat mengajar mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang umpan balik mereka.


Kata Kunci


Kata Kunci : Manajemen Kelas, Pembelajaran IPS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfian Erwinsyah, (2017). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 5, No. 2, Agustus.

Afriza, (2014). Manajemen kelas. Jakarta: Kreasi Edukasi.

Citra Anggraini, Nani Imaniyati, (2018). Fasilitas Belajar dan Manajemen Kelas sebagai Determinan terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 3. No. 2. Juli.

Edeng Suryana, (2012). Manajemen Kelas Berkarakteristik Siswa. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1. No. 2. Juli.

Eka Susanti, Henni Endayani, (2018). Konsep Dasar IPS. Medan: CV. Widya Puspita.

Emi Tipuk Lestari, Fivi Irawani, (2021). Analisis Metode Ceramah Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Historica Didaktika. Vol. 1. No. 2. Desember.

Etty Ratnawati, (2016). Pentingnya Pembelajaran IPS Terpadu. Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi. Vol. 2. No. 1. Oktober.

Eka Yusnaldi, (2019). Potret Baru Pembelajaran IPS. Medan: Perdana Publishing.

Hamdani, (2011). Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Henni Endayani, (2018). Sejarah Dan Konsep Pendidikan IPS. Jurnal Ittihad. Vol. 2. No. 2. Juli-Desember.

Miftahuddin, (2016). Revitalisasi IPS Dalam Perspektif Global. Jurnal Tribakti. Vol. 27. No. 2. September.

Mulyadi Nugraha, (2018). Manajemen Kelas Meningkatkan Proses Pembelajaran. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. Vol. 4. No. 1. Juni.

Nawawi, (2019). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada.

Nawawi, Hadari (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Riska Aulia, Rora Rizki Wandini, (2023). Karakteristik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 5. No. 2. April.

Sadirman, (2010). Revitalisasi Peran Pembelajaran IPS Dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Vol. 1. No. 3. Mei.

Saiful Bahri, C. Sri Hartaty. S, Emi Tipuk Lestari, Sandie Sandie, Dewi Risalah, (2022). Internalisasi Nilai dalam Sistem Beuma Masyarakat Desa Nanga Mahap Dalam Pembelajaran IPS Berbasis Etnopedagogi. Jurnal Basicedu. Vol. 6. No. 3. Mei.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, HB. (2006). Metodologi penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Syahrani, (2018). Manajemen Kelas Yang Humanis. Jurnal Al-Risalah. Vol. 14. No. 1. Januari-Juni.

Yulia Suriyanti, Munawar Thoharudin, (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru IPS Terpadu. Jurnal Pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Vol.3. NO.1. Maret.

Zuldafrial, (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##