UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATAPELAJARAN SEJARAH DIKELAS XI IPS SMA SWASTA NUSAHARAPAN TANJUNG SALEH KABUPATEN KUBURAYA
Sari
Abstrak
Penelitian ini didasarkan oleh tujuan dalam penelitian adalah memperoleh info kejelasan tentang upaya meningkatkan keaktifan siswa melalui metode Student Facilitator and Explaining pada pelajaran Sejarah, dan bagaiman pelaksanaan metode pembelajaran Sejarah melalui metode Student Facilitator and Explaining pada pelajaran Sejarah kelas XI IPS SMA Swasta Nusaharapan Tanjung Saleh Kabupaten Kuburaya. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian Tindakan kelas dan bentuk penelitian yang peneliti gunakan kolaboratif Bersama guru dalam penerapan metode Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata Pelajaran Sejarah dilakukan II siklus pada siswa kelas XI IPS SMA Swasta Nusaharapan Tanjung Saleh. Berdasarkan hasil pelaksanaan siklus I memperoleh rata-rata 68,57% dengan kata gori “cukup baik”, hal ini dapat diinterpretasikan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada siklus I masih kurang optimal seperti kurangnya pemahaman terhadap penggunaan metode Student Facilitator and Explaining yang dapat dilihat dari hasil presentasi Bersama kelompok. Akan tetapi pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan di siklus II dengan perolehan nilai rata-rata 72,68% dengan katagori “Baik”.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Shoimin, Aris (2014) 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013 Yogyakarta. Ar-Ruzz Media
Drono, Sadornoharjo dll. (2018). Active Learning Yokyakarta. CV Budi Utama
Hamalik, Oemar (2001) Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA Bandung. Sinar Baru Algensindo Offset Band
Darmad, Hamid (2019) Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Tangerang. Lembaga Literasi Dayak
Sudrajat, (2018) Implementasi Metode Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk menigkatkan minat belajar sejarah siswa kelas X SMA Sunan Pandanaran Sleman Jurnal Pendidikan Sejarah, 134-135.Diakses 22 Desember 2018 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri
Afriweni, Getsah (2020) Perbedaan Hsil Belajar Sejarah dengan Menggunakan model pembelajaran Student FacilitatorAndExplaining kelas X di SMA Plus Bima Satria Rupit Jurnal Historical Studies,5(1) 15-25. Diakses 10-oktober-2020 STKIP PGRI Lubuk linggau
Firdaus, Muhammad, Hodiyanto, dll) (2020) Model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining berbasis whatsap dan komunikasi matematika
Jurnal seminar nasional penelitian dan pengabdian kepada masyarakat 11 (6) 97-62. diakses 18 Desember 2020 IKIP-PGRI Pontianak
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##