PENERAPAN MODEL BERORIENTASI PRODUK DALAM MENGEMBANGKAN PAKET PEMBELAJARAN MANDIRI

Eka Jaya Putra Utama, Muhammad Yaumi, Muhammad Rusydi Rasyid

Sari


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah konsep model pengembangan pembelajaran, model-model pengembangan media dan teknologi pembelajaran serta penerapan model berorientasi produk dalam mengembangkan paket pembelajaran mandiri. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Sumber informasi didapatkan dari jurnal, buku baik cetak maupun online. Analisis data menggunakan model interaktif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pengembangan dapat digunakan sebagai alat untuk merancang model secara tepat dengan tujuan memperbaiki dan menyempurnakan model yang telah dibuat sebelumnya. Model pengembangan media pembelajaran yang berorientasi produk yang direkomendasikan oleh para ahli yakni model de Hoog, de Jong en de Vries, model Bates, model Nieveen, model Sell dan Glasgow, serta model Bergman dan Moore, model Agile Development. Penerapan model berorientasi produk dalam mengembangkan paket pembelajaran mandiri, yang lebih dominan adalah Hannafin dan Peck.


Kata Kunci


Kata Kunci: Model Berorientasi Produk, Pembelajaran Mandiri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi Pratomo, Agus Irawan. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan metode Hannafin dan Peck. Jurnal Positif 1 (1) 15.

Andreyas Ariesta, dkk. (2021). Penerapan Metode Agile Dalam Pengembangan Application Programming Interface System Pada PT XYZ. Jurnal CoreIT (1) 38.

Ariyanti F. (2002). Pengembangan Instrument Organisasi Pembelajaran Pada Organisasi Kesehatan/ Kota Studi Pada Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Dan Dinas Kesehatan Bogor. Universitas Indonesia.

Bambang Warsita. (2011). Landasan Teori Dan Teknologi Informasi Dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran. Jurnal Teknodik 15 (1) 94.

Cece Wijaya. (2005). Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan Dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fersika Achlikul Zahwa, Imam Syafi’i. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi 19 (1) 64.

I Made Suryana, dkk. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Cetak Menggunakan Model Hannafin dan Peck Untuk Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya. E Jurnal Program Pascasarjana Program Studi Teknologi Pembelajaran Universitas Pendidikan Ganesha 4, 5.

Irwan Hidayat, dkk. (2021). Desain Model Pembelajaran Terbuka Dengan Sistem Pendidikan Jarak Jauh (online) Menurut Bates di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan 6 (1) 25.

Kent L. Gustafson, Robert Maribe Branch. (1997). Survey of Instructional Development Models. Third Edition, Clearinghouse on Information and Technology. New York: Syracuse University.

Muhammad Yaumi. (2023). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Miza Nina Adini, dkk. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspu: Jurnal Pendidikan 6 (1) .

Naidin Syamsuddin. (2021). Model-Model Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab. Refleksi 10 (3) 249.

Novika Safitri Istiqomah. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Pythagoras Kelas VIII SMP. Mathedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 9 (1) 106.

Nur Hikmah, dkk. (2021). Metode Agile Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Melalui Berbagi Pengetahuan (Knowledge Sharing). Jurnal Instruksional 3 (1) 32.

Sabiqul Huda M. (2022). Model-Model Pengembangan Media Dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Inggris. Adiba: Journal of Education 2 (2) 179.

Salamun, dkk. (2021). Inovasi Perencanaan Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif and R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

https://sis.binus.ac.id/2022/02/17/models-in-agile-methodology. Models in Agile Methodology.

https://sulfikarsallu.id/file/disertasi.phtml?fl=f..


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##