PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MELALUI MICROSOFT MOUSE MISCHIEF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TEBAS KABUPATEN SAMBAS

Teguh Agustian, Rahayu Rahayu

Sari


Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) Melalui Microsoft Mouse Mischief Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tebas Kabupaten Sambas”. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengaruh pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) melalui Microsoft Mouse Mischief Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tebas Kabupaten Sambas?”. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendapatkan informasi serta kejelasan obyektif mengenai pengaruh pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) melalui Microsoft Mouse Mischief Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tebas Kabupaten Sambas. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah preeksperimental design dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tebas Kabupaten Sambas tahun ajaran 2020/2021 terdiri dari 4 (empat) kelas. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 17 soal. Berdasarkan kesimpulan dan implikasi hasil penelitian ini, maka untuk memperbaiki dan meningkatkan dalam pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) melalui Microsoft Mouse Mischief dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut, Model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) melalui Microsoft Mouse Mischief ini bisa digunakan dalam proses pembelajaran, guna memberi variasi dalam proses pembelajaran kepada peserta didik

Kata Kunci


Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments (TGT), Microsoft Mouse Mischief, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Zainal. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Arikunto. Suharsimi. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi

Aksara.Arikunto. Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Pelajar.

Lestari, Tipuk E. (2013). “Pengaruh Penggunaan Sumber Primer Dalam Pembelajaran

IPS/Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Di MTS Swasta

Al-Ikhlas Kuala Mandor B Pontianak)”. Jurnal Edukasi, Volume 11, Nomor 2, Tahun

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Romadiastri, Yulia. (2014). “Pembelajaran Interaktif Dengan Mouse Mischief Pada Mata

Kuliah Kalkulus Lanjut”. Jurnal Derivat. Volume 1, Nomor 2, Tahun 2014.

Sugiyono. (2016) . Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warsah, dkk. (2020). “Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Di SMK IT Rabbi Radhiyya

Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Volume 5, Nomor 2,

Tahun 2020


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##