ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 PONTIANAK

Debiyola Geofani, Bohari Bohari, Miftahul Jannah

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendidikan karakter pada pembelajaran siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 19 Pontianak dengan subjek penelitian siswa kelas VIII, guru mata pelajaran IPS dan Wakil Kurikulum. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini berupa teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan studi dokumen. Sedangkan alat pengumpul data yang digunakan berupa check list, kuesioner, pedoman wawancara, hingga kamera untuk foto atau untuk merekam gambar. Adapun aktivitas dalam analisis data yaitu, terdiri dari data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Pemahaman guru IPS mengenai pendidikan karakter di SMP Negeri 19 Pontianak sudah memahami dengan baik. Guru IPS mampu menjelaskan pengertian pendidikan karakter, mencontohkan pendidikan karakter dan menyimpulkan pendidikan karakter secara lisan bahkan guru sejarah juga mampu memberikan contoh perilaku yang berkarakter bagi peserta didik, seperti guru selalu tepat waktu ketika memulai pembelajaran, selalu memberi motivasi dan selalu menumbuhkan rasa ingin ketahuan siswa, serta mengajarkan nilai-nilai positif kepada siswa, seperti sikap disiplin, bertanggung jawab dan jujur.


Kata Kunci


Analisis, Pendidikan Karakter, Pembelajaran IPS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, Leo & Wahyuni, Sri. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak

Faturrahman, dkk. 2012. Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Firmansyah, Haris & Kurniawan, Syamsul. 2017. Desain Pembelajaran Sejarah Berbasis Character Builiding. Yogyakarta: Ombak.

Fitri, Hidayatul, dkk. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Pendidikan PPS Universitas PGRI Palembang.

Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa Surakarta: Yuma Pustaka.

Harahap, Ade C.P. 2019. Charcter Building Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 9 (1), 2-3.

Lestari, ET. 2013. Pengaruh Penggunaan Sumber Primer dalam Pembelajaran IPS/Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi) Kuasi Eksperimen diMTs Swasta Al-Ikhlas Kuala Mandor B Pontianak, Jurnal Edukasi, 11 (2). 154.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Molcong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

M. Yuliananingsih 2015. Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Edukasi, 13 (2), 245.

Maunah, Binti 2015. Implementasi Pendidian Karater dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa Jurnal Pendidikan Karater (1), 90-92.

Munjiatun. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan, 6 (2), 335-341.

Nasution, WN. 2017. Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan, dan Prosedur 1 (2), 186-187.

Nurrahmah, dkk, (TL) Kendala Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Cinta Tanah Air pada Siswa di SD Negeri 54 Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala.

Putry, Raihan. 2018 Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas, Jurnal of Child and Gender Studies, 4 (1), 44-47.

Rivashinta, Emusti. 2014. Muatan Materi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS Sejarah di SMP Negeri Singkawang Utara Kota Singkawang. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 11 (2), 184-185.

Rulianto dan Hartono, Febri. 2018. Pendidikan ips Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4 (2), 131-134.

Sugiyanto, 2013. Desain Pendidikan Karakter: Teori dan Praktek dalam Pembelajaran IPS Terpadu. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Syamsul, Kurniawan, 2016. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasi secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Samal, Abdul Latif (Tt). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah dan Perguruan Tinggi Melalui Pembelajaran Aktif. Jurnal Pendidikan Islam Iqra', 11 (1), 13-16.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##