ANALISIS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA BUDI OETOMO PONTIANAK
Sari
Judul skripsi ini adalah “ Analisis Penggunaan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Pada Pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Budi Oetomo Pontianak”. Fokus penelitian ini adalah “ Analisis Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Budi Oetomo Pontianak”. Berdasarkan fokus tersebut maka dirumuskan sub masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Perencanaan Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran Sejarah dikelas XI SMA Budi Oetomo Pontianak? (2) Bagaimana Pelaksanaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran Sejarah di kelas XI SMA Budi Oetomo Pontianak? (3) Apa Saja Kendala Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran Pada Siswa dan Guru di SMA Budi Oetomo Pontianak?. Berdasarkan fokus penelitian diatas maka dirumuskan tujuan masalah dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut: (1) Perencanaan Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran Sejarah dikelas XI SMA Budi Oetomo Pontianak. (2) Pelaksanaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Budi Oetomo Pontianak. (3) Kendala Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran Siswa dan Guru di SMA Budi Oetomo Pontianak. Peneliti ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dalam penelitian studi kasus. Supaya data yang terkumpul valid maka peneliti menggunakan sumber data berupa informan, dengan 5 siswa kelas XI, guru Sejarah dan Waka Sekolah, tempat atau lokasi peneliti serta arsip atau dokumen. Ada pun teknik dan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara dokumentasi. Dari pengolah data dan analisis data dapat dilihat dari gambaran umum lokasi penelitian, persiapan penelitian, pelaksanaan penelitian deksripsi data dan analisis data dan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan model interaktif,model ini berawal dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulakan bahwa Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran Sejarah dikelas XI SMA Budi Oetomo Pontianak sudah terlaksana dengan baik. Secara khusus dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Perencanaan Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) sudah berjalan dan sesuai dengan indikator yang ada bahwa sebelum melaksanakan pembelajaran Sejarah di kelas, terlebih dahulu menyusun perangkat pembelajaran seperti silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan menyesuaikan kurikulum 2013. Penyusunan perangkat pembelajaran untuk menjadi langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. (2) Pelaksanaan Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran Sejarah di kelas XI SMA Budi Oetomo Pontianak sudah terlaksanakan dengan baik, guru memulai pembelajaran dengan berdoa, mengecek kehadiran siswa serta memberi motivasi, menggunakan LKS sebagai sumber belajar melakukan diskusi kelompok serta ada juga guru yang memberi perhatian khusus, mengajarkan siswa tersebut untuk aktif saat proses pembelajaran, menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. (3) Kendala Penggunaan lembar kerja (LKS) pada siswa dan guru di SMA Budi Oetomo Pontianak sudah terlaksanakan dengan baik juga. Kendala guru pada saat mengajar mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan yang mereka tidak paham agar menjadi paham. Saran dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagi guru, dapat mempersiapkan perencanaan pembelajaran yang lebih baik lagi. (2) Diharapkan siswa dapat mengurang sifat yang tidak menguntungkan, lebih aktif bertanya serta rajin bertanya kepada guru tentang pelajaran yang belum dipahami. (3) peneliti berharap agar selanjutnya penelitian ini dapat menjadi bahan bacaan untuk penelitian serupa dan lebih baik dari ini.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Yogyakarta: Diva Press.
Andi, Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Yogyakarta: Diva Press.
Anwar, Kasful & Harmi Hendra. (2011). Perencanaan Sistem Pembelajaran Arsyad, Azhar. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Bohari, K. J., & Sukino, P. (2016). Analisis Pendapat Dosen Prgogram StudiPendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak Tentang Kurikulum 2013.SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 3, No. 1, Juni 2016.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Emi Tipuk Lestari, Fivi Irawani, (2021). Analisis Metode Ceramah Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Historica Didaktika. Vol. 1. No. 2. Desember.
E. Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamdani, (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Isjoni. (2007). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok.Bandung: Alfabeta
J. Moleong, Lexi. (2013) “ Metodologi Penelitian Kualitatif “ . Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Leo Agung dan Sri Wahyuni.(2013). Perencanaan pembelajaran sejarah.Yogyakarta: Ombak Dua
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta : Prestasi Pustakarya.
Nurdin Usman. (2007). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasido
Nawawi, Hadari. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. PT. Bumi Aksara.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Sutopo, H.B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Universitas Sebelas Maret, Surakarta : UNS Press
Saiful Bahri, C. Sri Hartaty. S, Emi Tipuk Lestari, Sandie Sandie, Dewi Risalah, (2022). Internalisasi Nilai dalam Sistem Beuma Masyarakat Desa Nanga Mahap Dalam Pembelajaran IPS Berbasis Etnopedagogi. Jurnal Basicedu. Vol. 6. No. 3. Mei.
Sugiyono.(2019). Metode PenelitianPendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah, Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Trianto, (2007), Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik.Prestasi: Jakarta.
Zuldafrial dan Muhammad lahir. (2019). Belajar danPembelajaran.Surakarta:Yuma Pustaka
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##