PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD DALAM MATERI KAIN CORAK LUNGGI SAMBAS TERHADAP KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1PEMANGKAT

Melati Saputri, Sahid Hidayat, Yulita Dewi Purmintasari

Sari


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam Materi Kain Corak Lunggi Sambas dikelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas. (2) Kesadaran Sejarah Siswa dikelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas. (3) Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam Materi Kain Corak Lunggi Sambas Terhadap Kesadaran sejarah siswa dikelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk True Eksperimental Design dengan rancangan Posttest-Only Control Design. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dalam materi kain corak lunggi Sambas dikelas XI IPS SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas, diproleh nilai prssentase 83,62% dengan kategori Baik. (2) Kesadaran sejarah siswa setelah diterapkan model pembelajaran STAD di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas, diperoleh nilai persentase di kelas eksprimen 86,08% dan 73,55% di kelas kontrol dengan kategori Baik. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) dalam materi kain corak Lunggi Sambas terhadap kesadaran sejarah siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas. Berdasarkan nilai signifikan dari tabel coefficients diperoleh nilai signifikan sebesar 0,026 < 0,05. Dengan demikian hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatif (Ha).


Kata Kunci


Model Pembelajaran STAD, Kesadaran Sejarah, Pembelajaran Kooperatif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak

Huda, M. (2019). Model Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nuryadi. Astuti, T.D, dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Widana, I. W. & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Jawa Timur: Klik Media

Dediansyah, A., & Hidayat, S. (2021). Hubungan Antara Sikap Nasionalisme Dengan Kesadaran Sejarah Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Ikip Pgri Pontianak). Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 8(1), 40-52.

Kusmayadi, Y., & Suryana, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbantu Media Film Situs Astana Gede Kawali Terhadap Kesadaran Sejarah Siswa (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen Di Kelas X SMAN 1 Baregbeg). Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 9(1), 15-31.

Muasmara, R., & Ajmain, N. (2020). Akulturasi Islam Dan Budaya Nusantara. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 111-125.

Nikmah, E. H., Fatchan, A., & Wirahayu, Y. A. (2016). Model pembelajaran student teams achievement divisions (stad), keaktifan dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Geografi, 3(3), 1-17.

Suryana, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Stad Menggunakan Media Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kesadaran Sejarah Siswa Sma Plus Informatika Ciamis. AGASTYA: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 8(2), 151-166.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##