ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 01 MENYUKE KABUPATEN LANDAK
Sari
Penelitian ini berjudul “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Menyuke Kabupaten Landak”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perencanaan, Pelaksanaan, dan Kendala Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Menyuke Kabupaten Landak. Jenis penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 01 Menyuke Kabupaten Landak dengan subjek penelitian siswa kelas VII. Informan dalam penelitian ini adalah Waka Kurikulum, Guru IPS, dan Siswa Kelas VII. Dokumen dan arsip yang digunakan meliputi, Alur Tujuan Pembelajaran, Capaian Pembelajaran, Program Semester, Kalender Akademik dan Modul Ajar, serta dokumentasi. Teknik yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu, teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan teknik studi dokumenter. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumen. Aktivitas dalam penelitian ini yaitu terdiri dari data collection, data reduction, data display, dan conclution drawing/verivication. Teknik pemeriksaan dan keabsahan data dengan mengunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang Perencanaan, Pelaksanaan, dan Kendala Kurikulum Merdeka Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 01 Menyuke Kabupaten Landak.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andriani Yusuf Tri Herlambang, Dwi Wulandari. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebuah orientasi baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7077.
Anggraini, M. (2023). Kendala Guru Kelas VII Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di Jenjang SMP. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran : Vol.6, No.2.
Fauzi, Achmad. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak (Studi Kasus Pada SMAN 1 Pengaron Kabupaten Banjar). Jurnal Pahlawan : Vol. 18, No. 3.
Herlina, H. (2023). Kendala dan Kebutuhan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Lampung. Jurnal Basicedu : Vol.7, No.5.
Irawati, D., Arifin, Bambang S., Iqbal, M., & Hasanah, A. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Vol. 6 – No. 1,1224-1238.
Kahfi, Ashabul. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar : Vol.5, No. 2.
Levandra Balti Winda Trisnawati, Randi Eka Putra. (2022). Tinjauan Aksiologi pada Profil Pelajar Pancasila kurikulum merdeka. Jurnal muara Pendidikan, 7(2), 287.
Maulida, N. (2023). Deskripsi Kendala Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Negeri 74 Pontianak Barat. Journal On Education : Vol.6, No.01
Moto, MM. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan. Indonesian journal of primary education. Vol 3, No 1.
Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah. Vol 03, No 01.
Oktaviani, A.M. (2023). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau Dari Perbandingankurikulum 2013. Jurnal Education : Vol. 9, No. 1
Pristiwanti, Desi.,dkk. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol.4, No 6.
Setiaji, Cahyo A. (2021). Dasar-dasar Perencanaan Pembelajaran Panduan Praktis Untuk Pendidik. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Sulistyati, Dyah M., Wahyaningsih, Sri., Wijania, I Wayan. (2021). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta : Pusat Kurikulum Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Sulistyasari, Yunike. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Harmony : Vol.7, No. 2.
Yunita. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jambura Journal Of Educational Management : Vol.4, No.1.
Wahidah, Nurul. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Di SMP Negeri 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan : Vol. 8, No. 1b.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##