UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS X IIS PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SMA BINA UTAMA PONTIANAK

Suwarni Suwarni, Pujo Sukino, Sahiba Sahiba

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran sejarah di kelas X IIS di SMA Bina Utama Pontianak. (2) Pelaksanaan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Sejarah di kelas X IIS di SMA Bina Utama Pontianak.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Problem Based Learning. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik obeservasi langsung, teknik pengukuran dan teknik dokumentasi, dan alat yang digunakan yaitu panduan observasi, soal test dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Berdasarkan hasil penelitian belajar siswa kelas X IIS SMA Bina Utama Pontianak menunjukan hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 4 siswa yang tuntas dan tidak tuntas 30 siswa, nilai tertinggi 85 dan terendah adalah 10 dengan rata-rata 50,15 dan ketuntasan klasikal 12% sedangkan pada siklus II terdapat 26 siswa yang tuntas dan terdapat 8 siswa yang tidak tuntas, dengan nilai rata-rata 81,96 dan ketuntasan klasikal 76%.  Maka dari itu yang artinya adanya pencapaian target pada siklus dinyatakan berhenti dalam penelitian.


Kata Kunci


Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asnewastri, A., Ginting, A. M., &Nasution, A. A. B. (2023). Pembelajaran operasional di masa pandemi Covid-19 untuk meningkatkan minat dan hasil belajar managemen. Jurnal Educatio Fkip.

Azka, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Cahyo, R. N., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 28-32.

Hasan, R. (2021). Penguatan Numismatika Sebagai Materi Pelajaran Sejarah Di Sekolah Menengah Aatas Se-Kota Gorontalo. DAS SEIN: Jurnal Pengabdian Hukum dan Humaniora, 1(2), 100-107.

Hatmono, P. D. (2021). Historiografi Buku Teks Sejarah Lokal Pada Pembelajaran Sejarah. Sabbhata Yatra: Jurnal Pariwisata dan Budaya, 2(1), 60-74.

Khasanah, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Card dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Mata Pelajaran Alquran Hadits di MTs Sultan Fattah Sukosono Kedung Jepara 2022/2023 (Doctoral dissertation, IAIN Kudus).

Machfiati, E. (2023). Penerapan Metode Take And Give Dalam Meningkatkan Pemahaman Asmaul Husna Siswa Kelas 4 Sd Negeri 4 Sawahan. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 3(2), 1281-1291.

Mantili, M. (2019). penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ips sejarah di kelas x sma pgri-2 palangka raya. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 37-47.

Multidisiplin Madani (MUDIMA).

Musdalifah, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 47-66.

Nugroho, I. A. (2021). Model Problem Based Learning Menggunakan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Subtema Perpindahan Kalor Disekitar Kita Di Kelas V SD Negeri 132 Palembang. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 8(1).

Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember), 169-176.

Parnawi, A. (2020). Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Deepublish.

Pratiwi, D. (2024). Pengembangan Kreativitas Finger Painting Untuk Merangsang Kognitif, Afektif, Dan Motorik Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 23-39.

Qiptiyyah, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar PKN Materi Kedudukan dan Fungsi Pancasila Melalui Metode Jigsaw Kelas VIII F MTs Negeri 5 Demak. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 62-68.

Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358-369

Sukendra, I. K., Sumandya, I. W., Fridayanthi, P. D., & Surat, I. M. (2021). PKM. Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Dan Publikasi Ilmiah Guru Di Smak Negeri 3 Sukawati. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 1(2), 1-10.

Prawitasari, M., Sawitri, R., & Susanto, H. (2022). Nilai-nilai Karakter dalam Buku Teks Sejarah SMA Kelas XI di SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 2287-2291.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##