EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA KELAS VII DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 2 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan analisis doku men. Perancangan modul ajar dilakukan untuk endukung implementasi Kurikulum Merdeka dengan menyusun perangkat seperti modul ajar, program semester, dan program tahunan yang disesuaikan dengan sil abus yang berlaku. Hasil penelitian menujukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Pontianak dinilai baik karena melibatkan proses perencanaan yang kornprehensif dari sosialisasi hingga evaluasi. Meskipun demikian, terdapat kendala sepen i keterbatasan sarana dan prasarana sekolah serta kurangnya referensi yang memadai bagi guru dan siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan permahaman tentang implementasi Kurikulu m Merdeka serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan. dimasa depan. Penelitian ini relevan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan dengan menyoroti praktik implementasi kurikulum baru di tingkat sekolah menengah. Dengan fokus pada integrasi mata pelajaran IPS terpadu, studi ini dapat memberikan wawasan tentang tantangan dan strategi dalam mengadaptasi kurikulum baru sesuai kebutuhan lokal dan national. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memperkaya literatur tentang inovasi kurikulum pendidikan dan memberikan panduan bagi pengambil kebijakan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ariandini, N., & Hidayati, A. (2023). Pembelajaran Adaptif dalam Kurikulum Merdeka: Integrasi Teori Behavioristik. Kognitif, dan Konstruktivis dalam Teknologi Pendidikan. Jurnal Kependidikan Media, 12(3), 158-164.
Azizah, Nur (2022). Pengantar Pendidikan. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Hasyim, A (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Media Akademi.
Indriani, N., Suryani, I., & Mukaromah, L. (2023). Implementasi Kurikulum. Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 17(1). 242. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16 228
Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 38-49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.vli 0.829
Mubarak, Zaki (2022). Desain Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Tasikmalaya: CV. Pustaka Turats Press.
Nawawi, Hadari (2019). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9 (3): 480-492
Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Ratnawati, E (2016). Pentingnya Pembelajaran IPS Terpadu. Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi. Vol. 2 No. 1.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Wijiatun, Lusia (2022). Merdeka Belajar Tantangan dan Implementasinya dalam Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Yusnaldi, Eka. 2019. Potret Baru Pembelajaran IPS. Medan : Perdana Publishing
Yusrizal, Y., Safiah, I., & Nurhaidah, N. (2017). Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sd Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 126–134.
Zuldafrial, (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta : Yuma Pustaka.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##