PEMANFAATAN PENINGGALAN SEJARAH POS INTAI BELANDA BUKIT VAN DERING SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BAGI PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 BENGKAYANG

Nathania Ivana Fiedela, Emusti Rivasintha, Miftahul Jannah

Sari


Abstrak

Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Peninggalan Sejarah Pos Intai Belanda Bukit Van Dering Sebagai Sumber Belajar Sejarah Bagi Peserta Didik Di Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bengkayang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Perencanaan, Pembelajaran, dan Kendala Guru dalam pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan peninggalan sejarah salah satunya Pos Intai Belanda di Bukit Van Dering sebagai sumber belajar sejarah di SMA Negeri 3 Bengkayang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Bengkayang dengan subjek penelitian siswa kelas XI. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran Sejarah, dan Siswa Kelas XI. Dokumen dan arsip yang digunakan meliputi, Modul Ajar, Alur Tujuan Pembelajaran, Capaian Pembelajaran, Program Semester, dan Dokumentasi. Teknik yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu, teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan teknik dokumentasi. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah panduan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Aktivitas dalam penelitian ini yaitu terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan dan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang Perencanaan, Pembelajaran, dan Kendala Guru dalam pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan peninggalan sejarah salah satunya Pos Intai Belanda di Bukit Van Dering sebagai sumber belajar sejarah di SMA Negeri 3 Bengkayang.

 


Kata Kunci


Kata Kunci: Sumber Belajar, Perencanaan, Pembelajaran Sejarah, Kendala, Guru

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, Tsabit A. 2012. Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Critical Pedagogy. Semarang: Jurusan Sejarah. Artikel Dalam Historia Pedagogia. No.1. Hal. 64-73.

Aprilia, T., & Valensy Rachmedita, V. R. (2021). Situs–Situs Sejarah di Lampung Sebagai Sumber Belajar Sejarah. Journal of Research in Social Science and Humanities, 1(2), 69-77.

Beni, S., Manggu, B., Damas Sadewo, Y., Aquino, T., Kewirausahaan, P., Bhuana, S., Bukit, J., No, K., Kalimantan Barat, B. 79211, & Manajemen, P. (2021). Revitalisasi Cagar Budaya untuk Pengembangan Pariwisata di Kawasan van Dering Serukam Revitalizing Cultural Heritage for Tourism Development in the van Dering Serukam Area. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 17(1), 61–72. http://

Isjoni, (2007). Pembelajaran Sejarah Pada Satuan Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Maulana Yusuf A, Nurzengky Ibrahim, & Kurniawati. (2018). Pemanfaatan Museum Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah. Visipena Journal, 9(2), 215–235. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.455

Mursidi, A., & Soetopo, D. (2019). Aprilia, T., & Valensy Rachmedita, V. R. (2021). Situs–Situs Sejarah di Lampung Sebagai Sumber Belajar Sejarah. Journal of Research in Social Science and Humanities, 1(2), 69-77. Jurnalnasional.Ump.Ac.Id, 13, 41–57. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/6165

Moleong, Lexi. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, W. N. (2017). Perencanaan pembelajaran: pengertian, tujuan dan prosedur. Ittihad: Jurnal Pendidikan, 1(2), 185-195.

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.

Santosa, Y. B. P., & Hendi Irawan. (2020). Pembelajaran Sejarah dan Kebebasan Berpikir. Chronologia, 2(2), 28–38. https://doi.org/10.22236/jhe.v2i2.6102

Sugiyono. (2017). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sujarwo., Santi. F, U., & Tristanti. (2018). Pengelolaan Sumber Belajar Masyarakat. Yogyakarta: UNY.

Susanto, Heri. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##