PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 MEMPAWAH HILIR
Sari
Abstrak
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Mempawah Hilir”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Mempawah Hilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimen design atau eksperimen semu. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mempawah Hilir. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah hasil nilai pre-test yang dilakukan pada kelas eksperimen yakni XI IPS 4 menunjukkan nilai rata-rata 51.58. Sedangkan hasil belajar siswa setelah melaksanakan pembelajaran sejarah dengan menggunakan media pembelajaran augmented reality menunjukkan hasil dengan rata-rata nilai 74.97. Dengan demikian kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh media pembelajaran Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Mempawah Hilir. Hal ini didukung berdasarkan perbandingan nilai hasil belajar siswa pada pre-test dan post-test. Berdasarkan analisis data uji t yang menyatakan bahwa nilai t hitung t tabel yaitu 12.788 1.690.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Acesta, A., & Nurmaylany, M. (2018). Pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap hasil belajar siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 346-352.
Affandi, H., Suwarna, I. P., & Hertanti, E. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa kelas X pada konsep dinamika partikel. Tarbiya, 1(1), 1-43.
Aryanti, F. L., Susilawati, S., & Supardan, D. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Djaali, H. (2024). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Penerbit Bumi Aksara.
Faiza, MN, Yani, MT, & Suprijono, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPS Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Basicedu , 6 (5), 8686-8694.
Hartono, H. (2022). Pengaruh Aplikasi Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Fisika SMA Negeri 1 Karangrayung Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(1), 145-154.
Khotimah, H., Supena, A., & Hidayat, N. (2019). Meningkatkan attensi belajar siswa kelas awal melalui media visual. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 17-28.
Kusumastuti, A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif-Adhi Kusumastuti (Doctoral dissertation, Ph. D., Ahmad Mustamil Khoiron, M. Pd., Taofan Ali Achmadi, M. Pd, Deepublish-Google Buku).
Maulana, R., Lesmana, C., Hartono, H., & Agustian, T. (2023). Mempersiapkan Generasi Muda Di Era Industri 4.0 Berbasis Karakter Di Sma Negeri 1 Sungai Pinyuh. BIKONS: JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING, 3(3), 58-66.
Mustaqim, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1).
Ningsih, M. F. (2015). Pengaruh media pembelajaran augmented reality terhadap hasil belajar siswa pada konsep gelombang.
Purmintasari, Y. D., & Lesmana, C. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Edpuzzle dalam Pembelajaran Sejarah. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 7(2), 59-71.
Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian. Penerbit KBM Indonesia.
Suwarni, S., & Superman, S. (2021). Pembelajaran Sejarah Menggunakan Blanded Learning. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(2), 153-162.
Thahir, R., & Kamaruddin, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (Ar) Terhadap Hasil Belajar Biologi
Usmaedi, U., Fatmawati, P. Y., & Karisman, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi aplikasi augmented reality dalam meningkatkan proses pengajaran siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 489-499.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##