PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI I BUNUT HULU KABUPATEN KAPUAS HULU
Sari
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2 pada mata pelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, adapun rumusan masalah yang ingin diteliti yaitu: 1). Bagaimanakah Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu 2). Apakah terdapat kendala dalam penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu 3). Apakah Terdapat Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kooperatif tipe jigsaw. Teknik yang digunakan adalah teknik pengamatan dan teknik dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan adalah panduan observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Berdasarkan hasil penelitian aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN I Bunut Hulu menunjukan aktivitas belajar siswa pada siklus I dari jumlah keseluruhan aktivitas belajar siswa yang diamati berjumlah 50,4%, yaitu di kategorikan kurang. pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 82,4% yang aktif mengikuti proses pembelajaran dikelas. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I kesiklus II ditunjukkan dengan rentang peningkatan sebesar 32,%. Ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu secara keseluruhan setelah digunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw mengalami peningkatan yang signifikan sehingga aktivitas belajar siswa dikategorikan sangat baik.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ali. I. (2021). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, Vol 7, No 01, Juni 2021.
Bancin, A. (2017). Aktivitas Belajar. Medan: Larispa Indonesia.
Effendi, I. (2021). Implementasi Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Prabayaksa: Journal of History Education. Vol 1. No 1. Maret 2021. Hal 21-25.
Heriwan, D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol 4, No 3, Mei 2020, Hal 673-680.
Husain, R. (2020). Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo 14 Juli 2020. Hal 12-21
Jumarniat (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD. Jurnal Pendidikan Pramentary. Vol 2, No 2, Oktober 2019.
Kahar. M.S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 9, No 2, Juni 2020, 279-295
Lubis, N.A, & Harahap, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Jurnal As-Salam, Vol.1, No. 1, Agustus 2016, 96-102
Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 Kurikulum 2013 11b. PM
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.
Salahudin, A. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pustaka Setia.
Septiyaningsih. S. (2017). Pengaruh Aktivitas Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Vol 6, No 3, 2017
Sirnayatin. T. I. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. Jurnal susunan artikel pendidikan, Vol. 1 No. 3 April 2017
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.
Suprihatininggrum, J. (2016). Strategi pembelajaran.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##