PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGETAHUAN DASAR PEMETAAN KELAS X SMA 1 NEGERI SAMBAS

Rina Rina, Riki Maulana

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi pengetahuan dasar pemetaan kelas X SMA Negeri 1Sambas . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk quasi eksperimental design dengan rancangan two group posstest only untuk melihat hasil belajar terhadap siswa. Teknik yang digunakan adalah teknik pengukuran dan teknik studi dokumenter. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X, sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 2 sebagai kelas kontrol, pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan rumus mean pada sub masalah 1 dan 2 serta uji t test untuk menjawab masalah 3. Hasil peneltian menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi pengetahuan dasar pemetaan kelas X SMA Negeri 1Sambas Diperoleh nilai rata-rata kelas ekperimen adalah 65,06 dengan kategori cukup. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 48,28 dengan kategori rendah uji hipotesis dengan uji t adalah 2,307 pada taraf Taraf signifikan 0,05 dengan nilai thitung > Label yaitu 2,3072,048 yang berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa.


Kata Kunci


Kata Kunci: Model Think Pair Share, Hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bodiyanto, M.A.K. (2006) Model Pembelajaran dalam Student Contered Leaming (SCL), Malang Universitas Muhammadyah Malang

Mulyatiningsih, E. (2013) Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. (2016) Statistik Penelitian Pendidikan. Bandung Abjad Bandung

Zuldafrial & Lahir, M. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Surakarta. Yuma Pustaka

Budiyanto, M. A. (2016). SINTAKS 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammmadiyah Mande

daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 19, 243-255.

Endarto, D. (2009). Geografi 3. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan

Hakim. (2005). Belajar secara efektif. Jakarta: Niaga Swadaya.

Hamalik, O. (2010). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta

Hermawan Budi Santoso, S. (2017). Peningkatan Aktifitan dan Hasil Belajar Dengan Metode Problem Basic Learning (PBL) Pada mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XI di SMK Insan Cendikia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi, 5, 40-42.

Kristin, F. (2016). Analisis Model pembeljaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa SD. Jurnal Pendididikan Dasar Perkhasa, 2,90-98.

Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Program Mabble Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makasar. Jurnal Medtek, 1, 1-6.

Mulyatiningsih. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##