PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KULTUR SEKOLAH DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI SISWA DI SMA NEGERI 2 SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK

Cristina Sintia Octaviani, Eka Jaya Putra Utama, Fivi Irawani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran sejarah berbasis kultur sekolah dalam membangun sikap toleransi siswa di SMA Negeri 2 Sengah Temila Kabupaten Landak. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus.Narasumber dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru sejarah, dan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sengah Temila Kabupaten Landak.Dokumen yang digunakan meliputi silabus, dan modul ajar.Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik komunikasi langsung, observasi langsung, dan studi dokumen.Alat yang digunakan meliputi panduan observasi, panduan wawancara dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah berbasis kultur sekolah dapat membentuk sikap toleransi siswa. Hal ini diwujudkan dalam integrasi materi sejarah yang menekankan pentingnya memahami perbedaan budaya, agama, dan ras dalam konteks sejarah Indonesia. Selain itu, nilai-nilai toleransi juga dikuatkan melalui praktik sehari-hari di lingkungan sekolah yang mendukung keberagaman seperti, kerja sama, diskusi antar siswa, serta interaksi yang saling menghargai dan menghormati. Namun penelitian ini juga menemukan beberapa kendala yang dihadapi, seperti kurangnya pemahaman tentang pentingnya toleransi, dan keterbatasan sarana yang mendukung pembelajaran.


Kata Kunci


Pembelajaran Sejarah, Kultur Sekolah, Toleransi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Beragama, Budaya, dan Tanggung Jawab Sosial Media.Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. 3 (1): 42-59

Eka Jaya Pu, dkk. (2024). Dayak Iban Sebaruk Weaning Ikat As Local Wisdom In Implementing Character Education In Student Of SMP Negeri 2 Sekayam. Asian Journal of Management Entrepreneurship and Social Science. 4 (1): 876

Faizah, S.N. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran.Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1: 175.

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Sejarah. 22 (1): 91

Muhtorom. H, Kurniasih. D & Andi.(2020). Pembelajaran Sejarah Yang Aktif dan Inovatif Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi.Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah. 3 (1): 30.

Murdiyanto, Eko. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori Aplikasi Disertai Contoh Proposal. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta Press: Yogyakarta.

Nurrita, Teni. (2018).Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Misykat. 3 (01): 171.

Safina, W. L. (2021). Artikel Peran Guru Dalam Pengembangan Pendidikan.

Zahro, M., dkk. (2017). The Implementation Of The Character Education In History Teaching. Jurnal Historica. 1 (1); 4.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##