ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMK MANDIRI PONTIANAK
Sari
Pada masa pandemi Covid-19, SMK Mandiri Pontianak mulai menerapkan pembelajaran online atau dalam jaringan dan pembelajaran jarak jauh. Penerapan pembelajaran tersebut membuat guru harus menggunakan media pembelajaran yang berbasis internet yang dapat menghubungkan interaksi antara guru dan siswa, salah satunya Google Classroom. Google Classroom merupakan aplikasi yang digunakan sebagai media pembelajaran berbasis internet. Google Classroom dapat digunakan sebagai media pembelajaran, seperti membuat dan mengundang siswa ke dalam kelas virtual, mengelola kelas, memaparkan materi, dan kegiatan penugasan. Adapun kelebihan menggunakan Google Classroom dalam kegiatan pembelajaran adalah, Google Classroom mudah digunakan, terintegrasi dengan berbagai layanan Google, dapat diakses kapan dan dimana saja, dapat diakses lewat beberapa perangkat elektronik, proses komunikasi atau interaksi dapat dilakukan tanpa harus bertemu langsung secara fisik, efisien dalam penggunaan waktu, dapat diakses lewat berbagai jenis smartphone, pengelolaan tugas lebih mudah, dan efisien dalam penggunaan kertas. Sementara itu kendala penggunaan Google Classroom adalah pertama, tidak ada sinyal dan data internet bagi beberapa siswa untuk mengakses Google Classroom, karena untuk mengakses Google Classroom perangkat elektronik harus tersambung dengan jaringan internet; kedua, siswa kurang memahami isi materi karena sistem komunikasi atau interaksi yang dilakukan hanya bersifat non verbal. Ketiga terkendala karena penyimpanan handphone yang sudah penuh karena kapasitas penyimpanan handphone yang terbatass.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aji, Syah. H.R. (2020) “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran”. Jurnal Sosial & Budaya Syar’i. Volume 7, Nomor 5, Tahun 2020.
Andi, dkk. (2020) “Pembelajaran Sejarah Yang Aktif, Kreatif dan Inovatif Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah. Volume 3, Nomor 1, Tahun 2020.
Bahri, S, & Lestari T.E. (2021). “ Implementation Of Human Machine Friendship Learning In The Newnormal Era”. Journal of Education and Learning (EduLearn), Volume 15, Nomor 2, Tahun 2021.
Darmawan, Yuda. (2019). “Pengguna Aplikasi Google Classroom Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X SMA Jurusan IPS”. Skripsi. FKIP, Pendidikan Matematika.Dasopang, Darwis, & Pane, Aprida. (2017). “ Belajar Dan Pembelajaran”. Jurnal Kajian Ilmu/Keislaman, Volume 03, Nomor 2, Tahun 2017.
Djamarah, B.S & Zain, Aswan. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Firmansyah, Haris & Kurniawan, Syamsul. (2017). Desain Pembelajaran Sejarah Berbasis Character Building. Yogyakarta: Ombak.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##