UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MODEL MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH (Kelas X1 M-8 SMA Negeri 2 Kota Pontianak)

Usi Ulya Sari, Emusti Rivasintha, Suwarni Suwarni

Sari


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan umtuk meningkatkan minat belajar siswa melalui model mind maping pada pembelajaran sejarah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan  observasi langsung, Komunikasi Tidak Langsung, dan Dokumenter. Penelitian ini dilakukan saat proses belajar mengajar berlangsung selama 5 hari yaitu dari hari senin-jum’at. peneliti melakukan analisis ATP dengan menyesuaikan Capaian Pembelajaran (CP) dan Tujuan Pembelajaran (TP) dengan materi yang diajarkan, menyusun Modul Ajar yang sesuai dengan Model Mind Mapping, dan mempersiapkan angket minat belajar siswa pada siklus I yang dibagikan kepada siswa setelah pembelajaran selesai, mempersiapkan lembar observasi pelaksanaan peningkatan minat belajar siswa dan lembar observasi guru untuk mengganti guru dalam pelaksanaan pengajaran dengan menggunakan model Mind Mapping.peningkatan minat belajar siswa melalui model Mind Mapping pada peembelajaran sejarah dikelas XI proses pembelajaran berlangsung mengalami peningkatan dan kemajuan pada proses mengajar. Minat belajar siswa dikelas XI M-8 telah memperoleh hasil yang memuaskan pada siklus II ini berbandingan perolehan angket sebelum pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Mind Mapping. Membuat Mind Mapping dapat mendorong pemikiran sinergis. Mind Mapping juga dapat membantu otak membuat lompatan pengertian dan imajinasi besar melalui asosiasi

Kata Kunci


Minat belajar, Penerapan Model Mind Mapping, Pembelajaran Sejarah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah dkk. 2022. Pengembangan Minat Dan Bakat Belajar Siswa.Malang: Literasi Nusantara

Ananda Rusydi, Hayati Fitri. 2020. Variabel Belajar (Komplikasi Konsep). Medan : CV. Pusdikra Mitra Jaya

Abdullah K. 2018. Berbagai Metodologi Dalam Penelitian Pendidikan Manajemen. Samata-Gowa : Gunandarma Ilmu

Achru Andi. 2019. Pengembangan Minat Belajar Dalan Pembelajaran. Vol. III (No. 2) 212

Akrim. 2021. Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa Belajar PAI Mencetak Karakter Siswa.Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Astuti, Y. (2020). Model-model pembelajaran kreatif dan inovatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hartati, Sari. (2020). Strategi pembelajaran aktif berbasis visualisasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Hidayat Rahmad, Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan : LPPPI

Kustian Nina Gantian. 2021. Penggunaan Metode Mind MappingDalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Vol. 1 (no. 1) 31

Hidayat, Rahmat. (2020). Psikologi belajar: Konsep dan aplikasinya dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Huda, M. (2020). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##