INTEGRASI TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR IPS DI SEKOLAH DASAR

Muhammad Nasir Azami, Adi Nurdiansyah, Nur Sulwalidaya

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas integrasi teknologi digital, khususnya platform kuis/permainan edukatif interaktif, dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV di SDN 16 Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah. Konsep IPS yang difokuskan adalah keragaman budaya dan kondisi geografis Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Dua kelas IV paralel dipilih secara non random sebagai kelompok eksperimen (n=30) yang menerima pembelajaran IPS berbantuan platform digital interaktif, dan kelompok kontrol (n=30) yang menerima pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data berupa tes pemahaman konsep IPS yang telah divalidasi. Data pretest dan posttest dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji-t independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada skor posttest pemahaman konsep IPS antara kelompok eksperimen (M=82.5, SD=5.1) dan kelompok kontrol (M=71.3, SD=6.2), t(58)=8.45, p<0.001. Peningkatan skor (N-Gain) kelompok eksperimen (Gain=0.68, kategori tinggi) juga secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (Gain=0.35, kategori sedang). Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi digital interaktif secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar IPS siswa sekolah dasar dibandingkan metode konvensional.


Kata Kunci


Eknologi Digital, Pembelajaran IPS, Pemahaman Konsep, Sekolah Dasar, Quasi-Eksperimen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisyah, S., Sholeh, M., Lestari, I.B., & Yanti, L.D. (2024) Peran Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran IPS di Era Digital. Jurnal Inovasi Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4(1):44-52. DOI:10.54371/jiepp.v4i1.382

Aulia, H., Hafeez, M., Mashwani, H.U., & Careemdeen, J.D. (2024). The Role of Interactive Learning Media in Enhancing Student Engagement and Academic Achievement. Conference: International Seminar on Student Research in Education, Science, and TechnologyAt: Universitas Muhammadiyah Mataram.

Bambang, S. E. M. ., Alfakihi, A., Heltien, D., Handayani, H., & Amelia, A. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(2), 49–60. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/23577

Basri, W., & Rahmi, T.S. (2023). Kendala Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPS Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Moral and Civic Education, 7(1), 1-16. DOI:10.24036/8851412712023733

Dewi, N. K. A. S., Suarjana, I. M., & Putra, I. K. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPS berbasis Platform TikTok untuk Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Edutech Undiksha, 11(2), 235-245. https://doi.org/10.23887/jeu.v11i2.63451

Fabianrico, F., Indawati, L., & Putra, A. M. (2023 ). Implementasi Materi Pembelajaran IPS melalui Media Sosial TikTok dalam Memotivasi Siswa Kelas 9 di SMP Hang Tuah 4 Surabaya. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(4), 1584-1591. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i4.6021

Fadillah, N. (2023 ). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi TikTok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa IPS di MTsN 6 Blitar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 4567-4574. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13456

Fatmawati, D., & Sulistyo, U. (2023). Scaffolding Digital untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran IPS Berbasis Teknologi. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 15(1), 33–48.

Fauziah, A., & Supriatna, N. (2024). Analisis Efektivitas Media Quizizz dan Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal of Education (JoE), 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.7929

Heryani, A., Wahyudin, D., & Malihah, E. (2022 ). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran IPS Di SD Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17–28. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977

Hutabri, E., & Putri, A. D. (2019 ). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal KomtekInfo, 6(3), 1-9. DOI:10.31629/sustainable.v8i2.1575

Mariyana, W. (2024 ). Inovasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Melalui Media Sosial. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(8), 1–11. https://doi.org/10.17977/um063.v4.i8.2024.1

Mohammad, M. M., & Sari, P. M. (2021 ). Efektivitas Kuis Interaktif Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1194–1198. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1324

Montag, C., Demetrovics, Z., Elhai, J. D., Grant, D., Koning, I., Kuss, D. J., ... & Pontes, H. M. (2024 ). Problematic social media use in childhood and adolescence. Addiction, 119(5), 798-800. https://doi.org/10.1111/add.16403

Nurhadi, S. (2025). Model Blended Learning pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. EduTech: Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 9(1), 14–29.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##