INTEGRASI TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR IPS DI SEKOLAH DASAR
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas integrasi teknologi digital, khususnya platform kuis/permainan edukatif interaktif, dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV di SDN 16 Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah. Konsep IPS yang difokuskan adalah keragaman budaya dan kondisi geografis Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Dua kelas IV paralel dipilih secara non random sebagai kelompok eksperimen (n=30) yang menerima pembelajaran IPS berbantuan platform digital interaktif, dan kelompok kontrol (n=30) yang menerima pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data berupa tes pemahaman konsep IPS yang telah divalidasi. Data pretest dan posttest dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji-t independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada skor posttest pemahaman konsep IPS antara kelompok eksperimen (M=82.5, SD=5.1) dan kelompok kontrol (M=71.3, SD=6.2), t(58)=8.45, p<0.001. Peningkatan skor (N-Gain) kelompok eksperimen (Gain=0.68, kategori tinggi) juga secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (Gain=0.35, kategori sedang). Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi digital interaktif secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar IPS siswa sekolah dasar dibandingkan metode konvensional.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aisyah, S., Sholeh, M., Lestari, I.B., & Yanti, L.D. (2024) Peran Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran IPS di Era Digital. Jurnal Inovasi Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4(1):44-52. DOI:10.54371/jiepp.v4i1.382
Aulia, H., Hafeez, M., Mashwani, H.U., & Careemdeen, J.D. (2024). The Role of Interactive Learning Media in Enhancing Student Engagement and Academic Achievement. Conference: International Seminar on Student Research in Education, Science, and TechnologyAt: Universitas Muhammadiyah Mataram.
Bambang, S. E. M. ., Alfakihi, A., Heltien, D., Handayani, H., & Amelia, A. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(2), 49–60. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/23577
Basri, W., & Rahmi, T.S. (2023). Kendala Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPS Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Moral and Civic Education, 7(1), 1-16. DOI:10.24036/8851412712023733
Dewi, N. K. A. S., Suarjana, I. M., & Putra, I. K. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPS berbasis Platform TikTok untuk Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Edutech Undiksha, 11(2), 235-245. https://doi.org/10.23887/jeu.v11i2.63451
Fabianrico, F., Indawati, L., & Putra, A. M. (2023 ). Implementasi Materi Pembelajaran IPS melalui Media Sosial TikTok dalam Memotivasi Siswa Kelas 9 di SMP Hang Tuah 4 Surabaya. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(4), 1584-1591. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i4.6021
Fadillah, N. (2023 ). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi TikTok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa IPS di MTsN 6 Blitar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 4567-4574. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13456
Fatmawati, D., & Sulistyo, U. (2023). Scaffolding Digital untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran IPS Berbasis Teknologi. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 15(1), 33–48.
Fauziah, A., & Supriatna, N. (2024). Analisis Efektivitas Media Quizizz dan Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal of Education (JoE), 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.7929
Heryani, A., Wahyudin, D., & Malihah, E. (2022 ). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran IPS Di SD Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17–28. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977
Hutabri, E., & Putri, A. D. (2019 ). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal KomtekInfo, 6(3), 1-9. DOI:10.31629/sustainable.v8i2.1575
Mariyana, W. (2024 ). Inovasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Melalui Media Sosial. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(8), 1–11. https://doi.org/10.17977/um063.v4.i8.2024.1
Mohammad, M. M., & Sari, P. M. (2021 ). Efektivitas Kuis Interaktif Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1194–1198. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1324
Montag, C., Demetrovics, Z., Elhai, J. D., Grant, D., Koning, I., Kuss, D. J., ... & Pontes, H. M. (2024 ). Problematic social media use in childhood and adolescence. Addiction, 119(5), 798-800. https://doi.org/10.1111/add.16403
Nurhadi, S. (2025). Model Blended Learning pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. EduTech: Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 9(1), 14–29.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##