ANALISIS PENGGUNAAN MODE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 1 NANGA TAYAP KABUPATEN KETAPANG

Karel Juniardi, Suwarni Suwarni, Ayuni Melda

Sari


Penelitian ini berjudul “Analisis Penggunaan Model Jigsaw Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X Di SMA Negeri 1 Nanga Tayap Kabupaten Ketapang.”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Model Jigsaw Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X di SMA Negeri 1 Nanga Tayap Kabupaten Ketapang. Jenis penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Nanga Tayap Kabupaten Ketapang subjek penelitian siswa kelas X. Informan dalam penelitian ini adalah Waka Kurikulum, Guru Sejarah, dan Siswa Kelas X. Dokumen dan arsip yang digunakan meliputi, Alur Tujuan Pembelajaran, Capaian Pembelajaran, Program Tahunan, dan Modul Ajar, serta dokumentasi. Teknik yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu, teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan teknik studi dokumenter. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumen. Aktivitas dalam penelitian ini yaitu terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Teknik pemeriksaan dan keabsahan data dengan mengunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang Hasil penelitian menunjukan bahwa analisa data dan hasil observasi serta hasil wawancara, secara umum dapat di simpulkan bahwa Penggunaan Model Jigsaw Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Nanga Tayap Kabupaten Ketapang dikatakan berjalan dengan baik

Kata Kunci


Model Jigsaw, Pendidikan Sejarah, SMA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdussamad, Zuchri. (2021) Metode Penelitian Kualtitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Akhiruddin. Dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Education, Language, and Culture, Vol.2 (1), 24-38.

Albina, M. Dkk. (2022). Model Pembelajaran Di Abad Ke 21. Universitas Dharmawangsa, Vol 16 (4), 939-955.

Amalia, Lola. Dkk. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif. Semarang : Cahya Ghani.

Anggraeni, S. A., & Nurazizah, S. (2024) Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran. Karimah Tauhid, Vol.3 (5), 5548-5562.Recovery.

BP. Abd. Dkk (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa : Kajian Pendidikan Islam. Vol.2 (1), 1-8.

Kahar, M. S. Dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika,Vol. 9 (2), 279-295.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, Vol.13 (1), 1-13.

Mikrayanti. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematis Siswa SMP. SUPERMAT Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.4 (1), 33-39.

Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Pendidikan dan Sosial Islam, Vol.2. (1), 14-23.

Muhtarom, H., & Firmansyah, I. A. (2021). Pembelajaran Sejarah Abad 21 : Nilai-Nilai Sejarah Lokal Sebagai Identitas Bangsa. Jurnal Pendidikan Sejarah, Vol.10 (2), 116-130.

Ningsih, R. Dkk. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri. Sittah: Journal of Primary Education, Vol.3 (2), 191-202.

Simamora, Aprido B. Dkk. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif. Tasikmalaya : Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Syafrin, Y. Dkk. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUCATIVO: JURNAL PENDIDIKAN. Vol.2 (1), 72-77.

Tambun, S. Dkk (2020). Analisis Undang Undang Nomor 20 Tahun 2023 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Mencakup BAB IV Pasal 5 Mengenai Hak Dan Kewajiban Warga Negara, Orang Tua Dan Pemerintah. Visi Ilmu Sosial dan Humaniora. Vol.1 (1), 82-88


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##