PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER MELALUI METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII E DI SMP NEGERI 16 PONTIANAK

Eka Apriyani, Emusti Rivasintha, Fivi Irawani

Sari


Penelitian ini berjudul "Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter melalui Metode Diskusi pada Pembelajaran IPS" yang dilaksanakan di SMP Negeri 16 Pontianak. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peran guru IPS dalam mengembangkan karakter peserta didik yaitu sebagai pendidik dan motivator. Guru sebagai pendidik mengarahkan peserta didik agar mandiri, bertanggung jawab, dan bekerja keras. Sebagai motivator, guru membiasakan peserta didik untuk jujur saat ujian, disiplin, serta taat aturan. (2) Strategi pengembangan karakter melalui metode diskusi meliputi diskusi kelas dan diskusi kelompok. Diskusi kelas melibatkan seluruh peserta didik, sementara diskusi kelompok melatih peserta didik bekerja sama, bertanya, menyampaikan pendapat, dan berbicara di depan umum. Nilai karakter yang terbentuk antara lain kerja keras, disiplin, dan kemandirian. (3) Kendala yang dihadapi guru dalam pengembangan karakter adalah kurangnya partisipasi aktif peserta didik dan keterbatasan waktu dalam proses pembelajaran

Kata Kunci


Karakter, Metode Diskusi, Pembelajaran IPS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afandi, 2015. Editor Buku Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Penerbit Alfabeta Bandung.

Amaliah, 2015. Editor Buku Panduan Menerapkan Metode Diskusi di Sekolah Penerbit Laksana.

A. Wibowo, 2016. Editor Buku Startegi Membangun Karakter Bangsa Peradaban Penerbit Pustaka Belajar.

Sugiyono, 2019. "Metode penelitian kuantitatif kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta."

Sujarweni, 2015. "Metode penelitian Study Survei Penerbit Pustaka Belajar."

A, Tripusa, et al., eds, 2019. Upaya Guru Mata Pelajaran IPS dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa. Asanka: Journal of Social Science And Education.

F. D., Indriana, & Salam R,2022. Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Pendidikan Siswa Pada Pembelajaran Ips. Jurnal UNSA Progress.

Hutahean, 2019, Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Diskusi Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kurniawan. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan.

Septiani B, 2020, Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Ips. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##