ANALISIS KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X SMAS PGRI 02 KEMBAYAN KABUPATEN SANGGAU

Monita Wilda, Sahid Hidayat, Yulita Dewi Purmintasari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kreativitas belajar siswa, model pembelajaran yang memengaruhi kreativitas, serta faktor pendukung dan penghambat kreativitas dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMAS PGRI 02 Kembayan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru sejarah, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kreativitas belajar siswa tergolong cukup tinggi, tercermin dari rasa ingin tahu, keberanian mencoba hal baru, dan kemampuan menyampaikan ide secara mandiri. Model pembelajaran interaktif seperti diskusi kelompok, proyek, tanya jawab, kuis sejarah, dan penggunaan video pembelajaran terbukti mendorong partisipasi aktif, pemikiran kritis, dan kreativitas siswa. Faktor pendukung utama meliputi dukungan keluarga, keterlibatan aktif guru, serta program sekolah seperti lomba kreativitas dan pentas seni. Namun demikian, terdapat hambatan berupa jadwal belajar siang hari yang panas, keterbatasan media pembelajaran non-digital, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang belum rutin. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran sejarah yang efektif dalam menumbuhkan kreativitas siswa memerlukan model pembelajaran kontekstual dan interaktif, lingkungan belajar yang mendukung, strategi pengajaran yang inovatif, serta evaluasi yang terencana dan berkelanjutan

Kata Kunci


Kreativitas Belajar, Pembelajaran Sejarah, Model Pembelajaran Interaktif, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Allen, J., & Campbell, P. (2023). Scaffolding creativity in the classroom. New York: Routledge.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Daniels, H. (2021). Vygotsky and pedagogy (2nd ed.). London: Routledge.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The SAGE handbook of qualitative research (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Hassan, A., Rahman, N., & Noor, M. (2022). The influence of physical comfort on student participation in learning. Journal of Educational Psychology, 14(2), 112-124.

Hidayat, R., & Lestari, S. (2016). Kreativitas dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 17(2), 45-53.

Kaufman, J. C., & Gregoire, C. (2022). The creative mindset. New York: TarcherPerigee.

Kim, H., & Park, S. (2021). The role of formative assessment in creative thinking development. Educational Research Review, 34, 100410.

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2021). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 24(3), 317-328.

Kusumawati, L. (2019). Pengembangan kreativitas siswa dalam pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 110-118.

Lee, H., Kim, Y., & Choi, J. (2021). Parental and teacher support for student creativity. Journal of Creative Behavior, 55(2), 377-391.

Lestari, E. (2017). Peran guru dalam menciptakan suasana belajar kreatif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22(3), 80-88.

Lim, C., & Sim, J. (2022). Holistic education for creativity. Asia Pacific Education Review, 23(1), 15-27.

Marzano, R. J. (2021). The new art and science of teaching. Bloomington, IN: Solution Tree Press.

Mawasari, Y., & Subali, B. (2016). Kreativitas siswa dalam pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, 33(2), 205-212.

Mutonyi, P., & Smith, R. (2023). Inclusive classroom environments and student creativity. Teaching and Teacher Education, 121, 103905.

Ningsih, D. (2019). Kreativitas belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kreatif, 4(2), 140-150.

Nugroho, A. (2017). Kreativitas siswa dalam pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif, 9(1), 100-110.

Prasetyo, B. (2017). Peran pembelajaran sejarah dalam pembentukan karakter. Jurnal Sejarah dan Budaya, 11(1), 70-80.

Putri, R. (2018). Pengaruh pengalaman belajar terhadap perilaku siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 40-50.

Rahmawati, N. (2017). Pengembangan kreativitas melalui pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 85-92.

Ramadhani, S. (2020). Kreativitas siswa dalam pembelajaran inovatif. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(3), 180-195.

Savery, J. R. (2020). Overview of problem-based learning: Definitions and distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 14(2), 1-13.

Schunk, D. H. (2020). Learning theories: An educational perspective (8th ed.). Boston: Pearson.

Setyowati, E. (2017). Kreativitas sebagai proses mental. Jurnal Psikologi Pendidikan, 29(3), 290-300.

Stokes, P. D., & Barbot, B. (2022). Creativity under constraints: The role of limitations in creative thought. Creativity Research Journal, 34(1), 1-12.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sung, Y.-T., & Hwang, G.-J. (2021). Formative assessment in creative learning. Computers & Education, 166, 104171.

Wulandari, A. (2018). Peran kreativitas dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Kreatif, 5(1), 60-70.

Zhang, Y., Sun, X., & Chen, H. (2020). Defining creativity in education. Journal of Creative Behavior, 54(1), 152-165.

Zhao, L., & Zhou, M. (2020). Integrating digital and concrete media for effective learning. Educational Technology Research and Development, 68(4), 1783-1800.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##