PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA KELAS XI TKJ 1 DI SMK NEGERI 1 NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI

Riska Amelia, Suwarni Suwarni, Superman Superman

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Pembelajaran Sejarah Dalam Kurikulum Merdeka Pada Kelas XI TKJ 1 Di SMK Negeri 1 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Kurikulum merdeka merupakan kebijakan baru pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada sekolah dan guru dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan menganalisis dokumen terkait. Alat yang digunakan meliputi panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Serta teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penyimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Nanga Pinoh memberikan dampak positif terhadap pembelajaran sejarah. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa kendala yang dihadapi, seperti kurangnya dukungan fasilitas dan sumber daya tekonologi, sehingga memerlukan dukungan berkelanjutan dari pihak sekolah dan pemerintah. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa meskipun terdapat beberapa kendala, kurikulum merdeka memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah di tingkat SMK jika diterapkan dengan baik dan didukung oleh semua pihak yang terlibat dan sumber daya yang mendukung

Kata Kunci


Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Sejarah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fauzan & Fatkhul Arifin.2022. Desain Kurikulum Dan Pembelajaran Abad 21. Edisi Pertama. Kencana : Jakarta

Eko Murdiyanto. (2020) Metode Penelitian Kualitatif (Teori Dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press

Muhammad Rizal Pahleviannur, Anita De Grave, SE. et all. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pusaka. Yekti Ardianti, Nur Amalia. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 6 (3); 399-407

Putri Rahmadhani, Dina Widya, Merika Setiawati. (2022) “Dampak Transisi Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa,” JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 1 (4): 41-49

Putri Pratama Lestari, Rustiyarso, Andang Firmansyah. (2023). "Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas X Akuntansi A SMK Negeri 7 Pontianak." JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah 8 (4): 5724-5734.

Restu Rahayu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. JURNAL BASICEDU 6 (4): 6313 – 6319

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung.

Supriatna, M. M. N., Diyanti, I. E., & Dewi, R. S. (2023). Analisis Perbandingan Kurikulum KTSP, K13 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 9163-9172.

Sulastri, A., Fernandez, D., Hidayat, N., Erawati, S., & Afriza, W. L. (2023). Evaluasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMKN 1 Dua Koto. MSI Transaction on Education, 4(4), 201-212.

Suryadi Fajri, Nisa Ulaini, Melia Susantri. (2023). Implememtasi kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA) 6 (2): 387-397

Wilman Juniardi (2023, 8 Januari). Pahami Fase Kurikulum Merdeka Yang Wajib Diketahui Guru. Tersedia : https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/fase-kurikulum-merdeka/#Fase_F_Kurikulum_Merdeka

Wilman Juniardi (2023, 8 Februari). Kumpulan contoh capaian pembelajaran SMK kurikulum merdeka. Tersedia : https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/contoh-capaian-pembelajaran-smk/#Tujuan_capaian_pembelajaran_kurikulum_merdeka

Yekti Ardianti, Nur Amalia. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 6 (3); 399-407


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##