ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR DARING SISWA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS XI IPS A SMA NEGERI 1 SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK

Martaviani Rissa Alja, Saiful Bahri, Nunik Esti Utami

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi secara jelas dan objektif mengenai Analisis aktivitas belajar daring siswa masa pandemi covid-19 dikelas XI IPS A SMA Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten Landak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah guru sejarah, waka kurikulum, dan siswa- siswi kelas XI IPS A SMA Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten Landak. Bentuk penelitian ini adalah bentuk survey studies dengan maksud meneliti Analisis aktivitas belajar daring siswa masa pandemi covid-19 dikelas XI IPS A SMA Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten Landak. Hasil penelitian ini disimpulkan kendala yang dialami siswa maupun guru secara garis besarnya adalah koneksi jaringan yang kurang bagus, ketersediaan perangkat pembelajaran yang belum memadai dan keahlian dalam mengelola pemakaian aplikasi pembelajaran berbasis teknologi digital serta kurangnya pengawasan merupakan kendala utama dalam pembelajaran daring.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Daring, Masa Pandemi Covid-19

 


Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Bahri, S, & Lestari, E. T, 2021 Implementation of Human-Machine Friendship Learning in the New-Normal Era (Study at the History Education Study Program of the IKIP PGRI Pontianak). Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(2).

Rosihuddin, Muh. (2011). Problematika Pembelajaran, Mahasiswa Pasca Sarjana STAIN Kediri. Dalam (http:/banjirembun.blogspot.com diakses tanggal 17 April 2021).

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Wawasan Baru, Beberapa Metode Pendukung dan Beberapa Komponen Layanan Khusus. Jakarta: Rineka Cipta.

Susiana. (2017). Problematika Pembelajaran PAI di SMK 1 Turen Riau Jurnal Al-Thariqah. ISSN 2527-9610. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). (Online) (http:media.neleti.com) diakses 17 April 2021).

Djamarah, Syaiful Bahri (2010) Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Asdi Mahasatya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##