ANALISIS METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SELIMBAU KABUPATEN KAPUAS HULU

Nurhaliza ., Emi Tipuk Lestari, Fivi Irawan

Sari


: Penelitian bertujuan untuk memperoleh informasi yang objektif mengenai “Analisis Metode Ceramah Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu”. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas VII dan guru mata pelajaran IPS, Wakil Kepala Sekolah Kurikulum di SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Analisis data dilakukan saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu.Berdasarkan pengolahan data yang telah disajikan, maka secara umum dapat ditarik kesimpulan Analisis Metode Ceramah Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu sudah terlaksana dengan baik.

 


Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Buku :

Firmansyah, Kurniawan. (2017). Desain Pembelajaran Sejarah Berbasis Character Building. Yogyakarta: Ombak.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Pelajar.

Majid, Abdul. (2017). “Strategi Pembelajaran”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Jakarta: Gajah Mada University Press.

Jurnal :

Ali, Gani. (2013). Prinsip-Prinsip Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal Al-Ta’dib. Volume 6, Nomor 1, Tahun 2013.

Fahmi, Faizah. (2016) "Pembelajaran IPS Terpadu yang Menyennangkan dengan Pendekatan Konstruktivistik". Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Volume 1, Tahun 2016.

Lestari, Tipuk E. (2013). “Pengaruh Penggunaan Sumber Primer Dalam Pembelajaran IPS/Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Di MTS Swasta Al-Ikhlas Kuala Mandor B Pontianak)”. Jurnal Edukasi, Volume 11, Nomor 2, Tahun 2013.

Mahirah, B. 2017. Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal Idaarah, 1 (2), 257-267.

Minarsih, M.M, dkk. (2016). “Studi Deskriptif Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview Dalam Merekrut Karyawan Baru Di Bank Mega Cabang Kudus”. Journal Of Management, Volume 2, Nomor 2, Tahun 2016.

Rahmawati, N, A. (2018). Identifikasi Masalah Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD. Jurnal Primary Education. Volume 2, Nomor 1, Tahun 2018.

Rozin, M. dkk. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ceramah Di Sekolah Dasar Islam Banjar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Jurnal Factor M. Volume 2, Nomor 2, Tahun 2018

S, Eko,M. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Jurnal Factor M. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2018.

Setyowati, Rini & Firmansyah, Wira. (2018). “Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia”. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Indonesia, Volume 3, Nomor 1, Tahun 2018.

Tambak, Syahraini. (2014). Metode Ceramah Konsep dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, Volume 21, Nomor 21, Tahun 2014.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##