PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS SAINTIFIK PADA SISWA KELAS X IPS SMA KRISTEN SETIA PUTUSSIBAU

Fatarina Alansari

Sari


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) Pemahaman guru tentang pembelajaran sejarah bebasis saintifik siswa kelas X SMA Kristen Setia Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu (2) Penerapan pembelajaran sejarah berbasis saintifik siswa kelas X IPS SMA Kristen Setia Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan bentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian SMA Kristen Setia Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu. Informan dalam penelitian ini adalah, kepala sekolah, guru sejarah dan siswa kelas X IPS. Dalam hal ini peneliti akan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan pemahaman guru tentang pembelajaran sejarah berbasis saintifik siswa kelas X IPS SMA Kristen Setia Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu. Hasil penelitian menunjukan bahawa pemahaman guru yang paling dominan terhadap pembelajaran saintifik tergolong pada tingkat pemahaman sedang (cukup baik) karena dibuktikan kurangnya buku, sarana dan prasarana, sedangkan penerapan pembelajaran sejarah berbasis saintifik siswa kelas X IPS SMA Kristen Setia Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu penerapanya sudah berjalan dengan baik karena guru sejarah memang sudah  menggunakan  saintifik dalam belajar khususnya mata pelajaran sejarah. Dimana dalam perencanaan pembelajaranya guru di harapkan membuat perangkat pembelajaran seperti RPP, Prosem dan silabus. Guru mata pelajaran sejarah kelas X IPS SMA Kristen Setia Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu di harapkan bisa lebih meningkatkan atau mengembangkan proses belajar agar siswa tidak merasa bosan dalam pelaksanaan pembelajaran.

 

Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah,  Berbasis Saintifik


Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdul Majid & Chaerul Rochaman. (2014). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Daryanto & Mulyo Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Joko widiyanto. (2018). Evaluasi Pembelajaran. UNIPMA PRESS. Universitas PGRI Madiun.

Kochhar, S.K. (2008). Pembelajaran Sejarah Teaching of History. Jakarta : PT Grasindo.

Kurniasih, Sani, Berlin. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep Dan Penerapan: Kata Peta.

Leo Agung & Sri Wahyuni. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah: Yogyakarta Ombak.

M. Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad ke-21: Bogor Ghalia Indonesia.

Majid Abdul. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis Dan Praktis. Bandung: Intreles Media.

Musfiqon & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Nizamia Learning Center Sidoerjo.

Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yongyakarta: Aswaja Pressindo.

Nofiyanti, L. Et. Al. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Surabaya: LAPIS-PGMI


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##