MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPS

Arie Yuniarti, Superman M.Pd

Sari


Tujuan dalam penelitian ini adalah; 1) Perencanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran IPS; 2) Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran IPS; 3) kendala yang dihadapi guru dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran IPS.Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus, jumlah subjek penelitian sebanyak 25 orang siswa/i kelas VIII SMP Qur’an Terpadu Nurul Furqon Al Kalimantany Kabupaten Kubu Raya.Teknik analisis data yang dipergunakan yaitu data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran IPS, telah diterapkan dengan baik. Berdasarkan indikator, kompetensi dasar yang ada bahwa sebelum melaksanakan pembelajaran IPS, terlebih dahulu memahami silabus dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 2) Pelaksanaan Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran IPS sudah berjalan dengan baik. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw membantu siswa memahami konsep yang sulit, tetapi juga berguna untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, berkeja sama, dan membantu teman. 3) Kendala yang dihadapi dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran IPS meliputi siswa tidak konsentrasi di dalam proses pembelajaran, hal ini berdampak pada pelaksanaan pembelajaran tidak berjalan dengan semestinya. Kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran, sarana pembelajaran merupakan segala sesuatu yang mempermudah terlaksananya proses kegiatan pembelajaran.

 


Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Agung, S, Leo. & Wahyuni. (2019). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI)

Fitrah, M. & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak

Huda, M. (2012). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Isjoni. (2016). Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Penada Media Group.

Sapriyah, dkk. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##