ANALISIS METODE BLENDED LEARNING DALAM PEMBELARAN SEJARAH DI SISWA KELAS XI SMA KOPERASI PONTIANAK PADA MASA NEW NORMAL (Studi Kasus)

Ariel Marintis Delimah Putra

Sari


Perubahan sistem pendidikan merupakan langkah dasar atas kemajuan sebuah lembaga tersebut. Pendidikan dikatakan maju jika dalam pelaksanaannya mampu memanfaatkan media –media pembelajaran dan menggunakan metode pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode blended laerning yang digunakan dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI di SMA Koperasi Pontianak pada masa new normal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Alat pengumpul  data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode blended laerning di SMA Koperasi Pontianak pada masa new normal dalam pembelajaran Sejarah kelas XI meliputi prencanaan pembelajaran yang sistematis, pelaksanaan dalam penggunaan metode blended laerning dalam pembelajaran sejarah disiswa kelas XI  berjalan dengan afektif dengan memanfaatkan media pembelajaran seperti whatssap, dan kendala yang dihadapi oleh siswa dan guru pada saat pelaksaan adalah penggunaan kouta yang banyak serta jaringan yang sering tidak stabil.

 

Kata kunci : blended laerning, pembelajaran sejarah, new normal .


Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Anggito & Setiawan .( 2018 ) Metode Pennelitian Kualitatif . Sukabumi: CV jejak

Amatnyoto, Wena Made (2012). Model-Model Pembelajaran .Jurnal Pendidikan (PSG)

Ahmad ( 2017 ). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar

Anita Wardani (2020) . Analisis Kendala Orang Tua Dalam Menghadapi Anak Belajar Dirumah Pada Masa Pandemi.

Dwiyogo(2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. PT RajaGrafindo Persada: Depok

Divayana (2017). Evaluasi Pelaksanaan Blended Learning Di SMK TI Udayana Menggunakan Metode.CSE-UCLA .Vol 7. Tahun 2017.

Emi T lestari, Saiful, Yulita D Purmintasi ( 2019 ).Value Historis Situs Klenteng Pantulak Sebagai Sumber Belajar IPS Berbasis Pendidikan Multikultural Kelas VII Di SMPN 3 Sungai Ambawang.

Program Study Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI PONTIANAK.

Fahtu (2019) Evaluasi Penerapan Blended Learning Pada Pembelajaran Sejarah Bahasa Arab Di Sampit Ibadurahman:Studi Kelas VII Akhwat .Vol 2 . Tahun 2019

Fahrrozi & Muhip (2017). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Emodo Dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA 1 SELONG .Vol 1. No 1 .Tahun 2017

Hidar Amaruddin, Kukuh Dwi Utomo, A.Y .Soegeng (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 . Vol 1. Tahun 2021

I Ketut Widiara ( 2018 ). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Era Digital Di SD Negeri Poh Borgong .

Muhamad Sadikin (2019) .Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Mandiri Pada Mata Pelajaran IPS (Sejarah) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.

Metyta Priatan ( 2017 ) . Impelementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa . Vol.5. No.1

Muthohharoh (2014). Implementasi Rencana Pembelajaran Sejarah Sutdy Minat Dan Pemahaman Sejarah Pada Siswa.

Nova & Syafrimen ( 2018 ) .Menyiapkan Protokol Informan Interview, Memilih Dan Melakukan Probing Dalam Penelitian Kualitatif .

Nurhadi (2020) . Blended Learning Dan Aplikasi Di Era New Normal Covid-19

Siti Herdianti ( 2021).Peranan Pembelajaran Sejarah Kelas X Di SMA 1 Sinunukan Kabupaten Mandaling Natal .

Siti Rupiah, Ati Sukmawati ( 2018) . Penerapan Blended Laerning Menggunakan Edmodo dalam Pembealajaran Matimatika

Rasimin (2018) . Metode Penelitian Pendekatan Praktis Kualitatif .Mitra Cendika dan Trussmedia Grafika : Yogyakarta

Sugiyono, ( 2016 ) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R& D .Bandung: Alfabet

Widi Utari ( 2020 ). Blended Learning : Strategi Pembelajaran Alternatif Di Era New Normal.

Widyaiswara & Wendhie Prayitno ( 2015) . Implementasi Blended Learning Dalam Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Yulita Dewi Purmintasari ( 2021 ). The Arus Kualan Traditional School: Preservation Of Dayak Simpank Environmental And Cultural Heritage.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##