ANALISIS PENYESUAIAN DIRI DALAM BELAJAR ONLINE MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS X SMAN 1 SEKADAU
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penyesuaian diri siswa dalam belajar online pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sekadau. Namun dalam penelitian ini berfokus pada bagaimanakah kemampuan penyesuaian diri dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis dengan pedekatan kuantatif deskriptif dengan mengambil sampel 74 siswa siswa pada kelas X Mia 1, Mia 2, Mia 3, Mia 4, Iis 1, Iis 2, Iis 3, Iis 4.Teknik pengumpulan data yang digunakan skala psikologis, panduan wawancara, dokumentasi, analisis data secara kuantitatif interprestasikan secara rasional. Dari hasil pembahasan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan penyesuaian diri dalam belajar siswa pada siswa kelas X masuk dalam kategori cukup dalam belajar online.
Kata Kunci: Penyesuaian diri siswa dalam belajar
Teks Lengkap:
Download PDF (English)Referensi
Adiningtiyas, S. W. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Penyesuaian Diri Siswa di Sekolah. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 2(2).
Agustiani H. (2006). Psikologi perkembangan pendekatan ekologi kaitanya dengan konsep diri dan penyesuaian diri remaja. Bandung : Refika Aditama
Agustini, HA. (2016). Perkembangan perserta didik, Jakarta: Rieneka Cipta
Arikunto, S (2006) prosedur penelitian suatu pendekatan. Jakarta : Reneka Cipta
Arinda Putri, M. e. l. l. y. a. n. a., Raihana, P. A., & Psi, S. (2021). Penyesuaian Diri Terhadap Pembelajaran Daring Pada Guru Sekolah Dasar Yang Mendekati Pensiun (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Bahri, S., & Bakar, A. (2020, October). Penyesuaian Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Sma Laboratorium Unsyiah Pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional LP3M (Vol. 2).
Desmita, ( 2009). Psikologi perkembangan perserta didik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Emmanuel Jhon W Best (1990). Metode Of Social Research. New York: The Free Of Mac Milan Co. Inc
Enung Fatimah, M.M.(2006) Psikologi perkembangan. Bandung : CV Pustaka
Enung Fatimah. (2010). Psikologi perkembangan: Perkembangan perserta didik. Bandung : Pustaka Setia
Ermayanti, S., & Abdullah, S. M. (2007). Hubungan antara persepsi terhadap dukungan sosial dengan penyesuaian diri pada masa pensiun. Jurnal InSight, 5(2), 148-170.
Fanani, Q., & Jainurakhma, J. (2020). Kemampuan penyesuaian diri mahasiswa terhadap pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Jurnal KomtekInfo, 7(4), 285-292.
Hadari Nawawi (2007). Metode penelitian bidang sosial, Yogyakarta: Gadjah Mada University press.
Haryadi, R.,& Zalfa, N. F. (2021). Penyesuaian Diri Siswa Kelas XI MIPA Negeri 6 Kota Tangerang. Terhadap Pembelajaran Fisika Melalui Media Daring Akibat Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(1), 14-21.
Hawawi, H. (2015). “Metode Penelitian Bidang Sosial” Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Kusdiyati, S., & Halimah, F. (2011). Penyesuaian Metode Penelitian Bidang Sosial” Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.diri di lingkungan sekolah pada siswa kelas XI SMA pasundan 2 bandung. Universitas Ahmad Dahlan.
M. subana dan sudrajat (2001). Dasar-dasar penelitian ilmiah. Bandung : Pustaka Setia.
Maghfirani, R. T., & Hariastuti, R. T. (2021). Hubungan Antar Penyesuaian Diri Pembelajaran Daring Dengan Burnuot Pada Siswa SMA di Kabupaten Tulungagung Masa Pandemi Covid-19. Jurnal BK UNESA, 12(03).
Mohammad Ali & Mohammdad Asrori(2010). Psikologi Remaja, Jakarta : PT Bumi Aksara.
Muhamaad Ali (2008). Metode penelitian. Jakarta : Bharata karya
Saifuddin, A (2020). Penyusunan skala psikologi. Prenada media. Setia.
Saputro, Y. A., & Sugiarti, R. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Konsep Diri terhadap Penyesuaian Diri pada Siswa SMA Kelas X. Philanthropy: Journal of Psychology, 5(1), 59-72.
Sudarsih. 2016 Pilihan Metode Penelitian. Skripsi. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak. Tidak diterbitkan
Sugioyono. (2012). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantatif, kualitatif dan R & D. Bandung : alfabeta
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##