UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA MENGIKUTI KEGIATAN ESKTRAKURIKULER DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN INFORMASI DI KELAS X SMA MUJAHIDIN PONTIANAK

Devi Sari, Martin Martin, Galuh Hartinah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan mengunakan layanan informasi kelas X SMA Mujahidin Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). untuk mengumpulkan data penelitian dapat digunakan teknik pengumpul data: 1). teknik observasi langsung, 2). teknik komunikasi langsung, 3). teknik komunikasi tidak langsung. Sedangkan alat pengumpul datanya adalah 1). pedoman observasi, 2). panduan wawancara, 3). angket. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Mujahidin Pontianak dengan jumlah subyek penelitian 21 orang siswa. Untuk melihat meningkatannya minat siswa dalam kegiatan esktrakurikuler maka akan diberikan lembar angket yang akan di isi oleh siswa. Dari hasil analisis angket tersebut, terdapat hasil  presentase nilai yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah tindakan siklus I dan tindakan siklus II dari jumlah keseluruhan  yakni sebegai berikut : presentase  nilai 67 % sebelum tindakan, presentase nilai 76% sesudah tindakan siklus I dan selanjutnya  presentase nilai 85% sesudah tindakan siklus II. Dari Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahawa pelaksanaan layanan informasi dngan teknik modeling untuk meningkatkan minat siswa mengikuti kegiatan esktakurikuler dengan kategori baik.

 


Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Agung, w. k.,dkk (2016). Metode

penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Amin, Z. N. (2017). Buku portofolio

Teknik-Teknik Konseling. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Andi, A. P. (2019) Pengembangan

minat belajar pengembangan diri. Jurnar Idarah Vol 3, No 2, hal 210.

Brandley, T. (2016). 40 Teknik Yang

Harus Dimiliki Oleh Konselor. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar.

Gunawan, R. (2018). Peran Tata

Kelola Layanan BK Bagi Sekolah. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling Serta Psikologis Pendidikan. Vol 1, No 1, Hal 5.

Kamaruzzaman. (2016). Bimbingan

dan Konseling. Pontianak : Pustaka rumah aloy

Peraturan Menteri Pendidikan

Nasional Republik Indonesia Nomor 39Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##