MENGURANGI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK AUDIO VISUAL
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk :Mendeskrpsikan dampak negatif penggunaan media sosial melalui layanan informasi dengan teknik audio visual pada siswa kelas VIII A SMP Koperasi Pontianak, dengan menggunakan metode deskriptif dalam bentuk penelitian tindakan melibatkan responden 31 siswa. Dalam penelitian ini juga terdapat tujuan khusus yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu sebagai berikut: (a) Gambaran dampak negatif penggunaan media sosial pada siswa kelas VIII SMP Koperasi Pontianak, (b) Proses pelaksanaan layanan informasi dengan teknik audio visual untuk mengurangi dampak negatif penggunaan media sosial pada siswa kelas VIII SMP Koperasi Pontianak, (c) Gambaran dampak negatif penggunaan media sosial setelah diberikan layanan informasi dengan teknik audio visual pada siswa kelas VIII SMP Koperasi Pontianak. Teknik pengumpulan data (1) observasi langsung, (2) komunikasi langsung, (3) studi dokumenter, berdasarkan hasil penelitian ini dilaksanakan peneliti terkait mengurangi dampak negatif penggunaan media sosial pada siswa kelas VIII A SMP Koperasi Pontianak. Bedasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa mengurangi dampak negatif penggunaan media sosial SMP Koperasi Pontianak termasuk kedalam kategori “cukup”
Kata Kunci: Dampak Penggunaan Media Sosial
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Achmadi dan Narbuko (2004). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Al-Menayes, J. (2015). Psychometric Properties and Validation of the ArabicSocial Media Addiction Scale. Hindawi Publishing Corporation Journal of Addiction. 6. 1-6.
Amirul Hadi dan Haryono, 2005, Metodologi Penelitian Pendidikan, PustakaSetia.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Imam Tadjri, “Model bimbingan kelompok berbasis ... Pelaksana Program DPP Bakat Minat dan ketrampilan, 2012), 37-38.
Juntika Nurihsan, Achmad. 2011. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT Refika Aditama.
M. Subana, Sudrajat, 2005, Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: Pustaka Setia
Nana Sudjana 2010. Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung
Nawawi, Hadari. 2015. Metode Penelitian Bidang Sosial. Gadjah Mada University Press.
Prayitno, Erma Amti, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004), h.260
Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Managemen Bimbingan Konseling. Surabaya: Unesa University Press. Winkel & Hastuti, Sri. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Slameto, Bimbingan di Sekolah (Salatiga: PT Bina Aksara, 1986), h.60 Prayitno, Erma Amti, Op. Cit, h.260-261
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sumadi Suryabrata. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali.
Tadjri, Imam. 2012. Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Semarang: Widya Karya.
Tohirin, bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah (pekanbaru: grafindo persada, 2007) h. 152
Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Winarno, Surakhmad. 2004. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, dan Teknik. Bandung: Tarsito
Young & Abreu. (2011). Kecanduan internet panduan konseling dan petunjuk untuk evaluasi dan penanganan.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Yusuf Gunawan, Pengantar Bimbingan dan Konseling (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1987), h.88
Zuldafrial. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Punkasaningtiyas, R. (2018). Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Kualitas Tidur, Kestabilan Emosi dan Kecemasan Sosial pada Remaja di SMAN 20 Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Ramadhanti, U., Rejeki, A., & Wicaksono, A. S. (2022). Pengaruh Kecemasan Sosial Terhadap Social Media Addiction Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2018-2020 Universitas X Dimasa Pandemi Covid-19. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, 17(2), 131-144.
Suryaningsih, A. (2019). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(3), 335-344.
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadap kepercayaan diri remaja di kabupaten sampang. Jurnal komunikasi, 14(2), 135-148.
Utami, A. S. F., & Baiti, N. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyberbullying Pada Kalangan Remaja. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 18(2), 257-262.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##