ANALISIS INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 12 PONTIANAK

Uswadatul Saidah, Rustam Rustam, Hendrik Hendrik

Sari


Abstrak

Penelitian ini berjudul Analisis Interaksi Sosial Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Pontianak. Interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antara perorangan atau antar kelompok manusia. Guru sebagai pendidik tidak hanya mendominasi selama proses pembelajaran, tetapi juga membantu dalam menciptakan kondisi yang kondusif serta memberikan motivasi dan bimbingan agar siswa dapat mengembangkan potensi dan kreativitasnya, melalui interaksi sosial dalam belajar mengajar. Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan jumlah sampel yang terlibat sebanyak 43 responden. Dalam penelitian ini juga terdapat tujuan khusus dari interaksi sosial terhadap kontak sosial, aktifitas bersama, dan frekuensi hubungan dalam kelompok siswa SMPN 12 Pontianak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan skala psikologis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan interaksi sosial siswa kategori baik, yang ditunjukan dari aspek kontak sosial di kategori baik, aktifitas bersama siswa kategori baik, dan frekuensi hubungan dalam kelompok kategori baik.


Kata Kunci


Kata Kunci: Interaksi Sosial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agstria, W. C., Astuti, I., & Purwanti, P. (2019) analisis interaksi sosial peserta didik kelas viii smp negeri 10 pontianak. Jurnal pendidikan dan pembelajaran khatulistiwa (jppk), 8(9).

AMIHI, D., LENGKONG, F. D., & LONDA, V. (2019). Interaksi sosial anggota dewan dalam penyusunan peraturan daerah dprd kabupaten halmahera selatan provinsi maluku utara. Jurnal administrasi publik, 5(73).

Arzika, L. R., & Rahayu, R. (2021). Bentuk Interaksi Sosial Masyarakat Pribumi Dengan Masyarakat Pendatang Di Desa Tambusai Utara Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu. Bakoba: Journal of Social Science Education, 1(1), 1-12.

Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi sosial dalam proses pembelajaran. Palapa, 7(1),149166.

Fitrah, M. & Luthfiyah (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus.: CV Jejak (Jejak Publisher).

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

Harahap, S. R. (2020). Proses Interaksi Sosial DiTengah Pandemi Virus Covid 19. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan, 11(1), 45-53.

Marlina, Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Guided Discovery dalam Materi Kerja Sama pada Siswa Kelas V SD Negeri 133 Halmahera Selatan. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 3(1), 53-60.

Mulyawan, I. N. R., Citrawan, I. W., & Suastini, N. W. Pengembangan Skala Sebagai Instrumen Non Tes Dalam Bimbingan Dan Konseling.

Nirbita, N.B. & Widyaningrum B. (2022). Komunikasi Pendidikan. Bayfa Cendekia Indonesia.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.

Samsul Arifin, B. (2015). Psikologi Sosial. CV PUSTAKA SETIA.

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya: Kencana.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##