PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 2 PUTUSSIBAU

Hernyasih Hernyasih, Yenni Rizal, Galuh Hartinah

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi. Tujuan khusus yaitu: 1) Pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar, 2) Pengaruh media sosial terhadap hasil belajar dan 3) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi Pada Siswa SMA Negeri 2 Putussibau. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif survei. Jumlah populasi 92 orang. Teknik pengambilan sampel teknik sensus atau sampling total sebanyak 92 orang. Instrumen yang digunakan kuesioner. Analisis data menggunakan teknik uji regresi linear sederhana dan berganda. Hasil penelitian 1) Tidak terdapat penggaruh lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar, hal tersebut ditunjukkan dengan koefisien regresi signifikasi 0,103 dan nilai signifikansi < 0,05, artinya nilai regresi lebih besar dari nilai signifikasi, 2) Tidak terdapat pengaruh signifikan penggunaan media sosial terhadap hasil belajar biologi. Hal tersebut ditunjukkan dengan koefisien regresi signifikasi 0,267 dan nilai signifikansi < 0,05, artinya nilai regresi lebih besar dari nilai signifikasi, dan 3) Tidak terdapat pengaruh lingkungan teman sebaya dan penggunaan media sosial terhadap hasil belajar biologi. Hal ditunjukkan dengan koefisien regresi signifikasi 0,242 dan nilai signifikansi < 0,05, artinya nilai regresi lebih besar dari nilai signifikasi

Kata Kunci


Lingkungan teman sebaya, media sosial, hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Boston: McGraw- Hill Companies. (2012). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Edisi ketiga belas. Jakarta: Penertbit Erlangga

Heriani, Ada Uljanah. (2017). Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Membuat Dokumen Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Muntilan. Skripsi. UNY.

Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa komik fisika berbantuan sosial media instagram sebagai alternatif pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33.

Malinda Yulianti, “karya ilmiah Pengaruh Media Sosial Terhadap Kepribadian Siswa. (2014): 12

Santrock, J.W. 2004. Life-Span Development. Ninth Edition.

Siti Makhmudah. (2019). Medsos Dan Dampaknya Pada Perilaku Keagamaan Remaja.

Slameto. (2006). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara. (2010).

Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan dan Praktik. Jakarta: Indek Permata Puri Media.

Sledgianowski, D. & S. Kulviwat 2009. Using social network sites: the effects of playfulness, critical mass and trust in a hedonic context. The Journal of Computer Information Systems, 49(4), 74-83.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

Triono & Rimadani. 2019. Dampak Cyberbullyng di Media Sosial pada Remaja dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling (Studi Kasus pada Klien X di Padang Utara Kota Padang). Jurnal Neo Konseling. 1

Tirtarahardja, U. & La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Wilson, Dan. 2016. ―Peer Group Influences on Learning Outcomes “2.

Wirawan, S. 2008. Psikologi Sosial: Psikologi Kelompok dan Terapan. Jakarta: PT Salemba Humanika

Wasty Soemanto. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta We are Social. 2018. “Digital in 2018: Global Overview”. Di https://wearesocial.com/special-reports/digital-in-2017-global-overview (akses 17 Januari 2019).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##