ANALISIS PERILAKU BULLYING PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SUNGAI AMBAWANG

Miswedi Miswedi, Hendrik Hendrik, Toni Elmansyah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku bullying yang terjadi di SMAN 1 Sungai Ambawang, penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif  jenis dekskriptif penelitian kualitatif deskriptif yang dimaksud untuk mendeskripsi perilaku bullying yang terjadi di SMAN 1 Sungai Ambawang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa pelaku bullying yang berjumlah lima subjek. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada lima siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Ambawang yang memiliki perilaku bullying di sekolah. Faktor penyebab yang mempengaruhi kelima subjek dalam penelitian ini dua diantaranya disebabkan oleh norma kelompok, sedangkan tiga diantaranya faktor keluarga atau pola asuh orangtua. Bentuk-bentuk bullying di sekolah yang dilakukan oleh subjek yang pertama adalah bullying verbal, yaitu bullying melalui kalimat ejekan dan menyebut kekurangan fisik, kedua bullying dalam bentuk fisik, yaitu berupa saling menyenggol hingga memukul. Ketiga bullying mental yang berupa dikucilkan atau diauhkan dari pertemanan. Adapun beberapa upaya yang dilakukan guru BK untuk mengatasi perilaku bullying, a) Penyusunan program sesuai asesmen kebutuhan b) Memberikan layanan informasi c) Layanan responsif d) Konseling individual e) Bimbingan kelompok f) Memonitoring kegiatan-kegiatan positif yang menanamkan rasa empati dan meningkatkan rasa tolerasi sesama teman.


Kata Kunci


Analisis, Perilaku Bullying , Sekolah Menegah Atas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anindita Widya Ningrum, Christiana, E., Nursalim, M., & Lukitaningsih, R. (2015). Studi Tentang Perilaku Bullying Di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto Serta Penanganan Oleh Guru Bk The Study Of Bullying Behavior In Junior High School At Prajurit Kulon Districts Mojokerto City And Handling By Counselor. Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 1–8.

Annisa. (2012). Hubungan Antara Pola Asuh Ibu Dengan Perilaku Bullying Remaja. In Keperawatan, Fakultas Ilmu Studi, Program Keperawatan, Ilmu. Skripsi Diterbitkan Keperawatan, Fakultas Ilmu Studi, Program Keperawatan, Ilmu Universitas Indonesia.

Budiman, A., & Asriyadi, F. (2021). Perilaku Bullying Pada Remaja Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (F. D. Ramadhani (Ed.); 1st Ed.). Cv. Pena Persada.

KumparanNEWS. 2022. Survei Kemendikbud: ada 24,4% Potensi Bullying Terjadi di Sekolah. diakses pada 19 Juli 2023 dari https://kumparan.com/kumparannews/survei-kemendikbud-ada-24-4-potensi-bullying-terjadiidi-sekilah-1xrtJpvCyas

Lubis, N. L. (2014). Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori Dan Praktek (3rd Ed.). Kencana Prenada Media Grup.

Mashuddin, Muzdalifah, Ahmad, Marifin, & Zainal. (2022). Perilaku Bullying Di Sma Negeri 1 Maros (Studi Kasus Pada Siswa Pindahan). Pinisi Journal Of Sociology Education Review, 2(1), 142–152.

Parnawi, A. (2020). Psikologi Belajar Pendidikan (T. Yuliyanti (Ed.); 2nd Ed.). Grup Penerbitan Cv Budi Utama.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, Pub. L. No. 35, 1 (2014).

Sejiiwa. (2018). Mengatasi Kekerasan Dilingkungan Sekolah Dan Sekitar Anak (A. Nusantara (Ed.); 1st Ed.). Pt. Gramedia.

Sonara.id. 2023. Data KPPAD KALBAR, Terdapat 71 Kasus Kejahatan Seksual Sepanjang 2022 diakses pada 28 Juli 2023 dari

https://www.sonara.id/read/423643368/data-kppad-kalbar-terdapat-71-kasus-kejahatan-seksual-sepanjang-2022

Supriyatno, Tafiati, H., Syaifuddin, M. A., & Sukesi, D. A. (2021). Perundungan / Bullying Yuk ! In Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Gedung E Lantai 17-18 Komplek Kemendikbudristek, Jl. Jend. Sudirman Senayan Jakarta 1.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##