MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TERIAK

Ana Ana, Uray Herlina, Hendrik Hendrik

Sari


Penelitian Ini Bertujuan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Teriak, Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan, dengan bentuk penelitinnya adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK), adalah penelitian kolaborasi yang dilakukan dalam 2 siklus dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, kegiatan dan refleksi . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Teriak dengan jumlah 9 siswa yang terdiri dari 5 siswi perempuan dan 4 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung, dan studi dokumenter sedangkan alat pengumpulan data adalah pedoman observasi, panduan wawancara, skala psikologis dan dokumentasi. Indikator kinerja menggunakan hitungan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian tindakan Bimbingan dan Konseling yang telah dipaparkan, maka dapat dapat disimpulkan sebagai berikut: menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training dapat meningkatkan komunikasi interpersonal pada siswa kelas VII. Peningkatan dapat dilihat dari hasil persentasi di siklus I dengan hasil persentase 50% dengan kategori “Cukup” dan pada pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan serta sudah mendapat hasil sesuai dengan harapan peneliti dengan persentase 79% dengan kategori “Baik”


Kata Kunci


Komunikasi Interpersonal, Layanan Bimbingan Kelompok, dan Assertive training

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto.Suharsimi dkk.(2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BUmi aksara

Asrowi.; Chadidjah.; Utami, P. F. (2017). "Implementasi Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Self-Confidence Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Karanganyar". Jurnal Ilmiah Pesantren,

Astuti, A. D. (2013). Model layanan BK Kelompok teknik permainan (games) untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1).

Damayanti, Nidya. (2012). Buku Pintar Panduan Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Araska.

Fijriani, dan Rediska Amaliawati. (2017) "Layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa." TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 24-32.

Hidayat Dede Rahmat dan Aip Badrujman(2012:12).Penelitian Tindakan dalam Bimbingan Koseling.Jakarta:PT Indeks.

Kesitawahyuningtyas, Maya Theofany, dll (2014). "Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Getasan, Kabupaten Semarang." Satya Widya 30.2 : 63-70.

Madihah, Husnul, and Didi Susanto. (2017). "Meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training." Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia 3.3 : 13-17.

Muhamad, U. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI PELATIHAN ASERTIF DALAM BIMBINGAN KELOMPOK (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas XI TKJ 1 SMK Islam Nusantara Comal Tahun Pelajaran 2015/2016) (Doctoral dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).

Muzainah., Elisabeth, C., Titin, I. P., & Muhari. (2012). Meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal dengan menggunakan latihan asertif pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Kokop Bangkalan.

Nawawi, Hadari. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ngalimun. (2017:9) . komunikasi interpersonal. Palangkaraya : Pustaka Belajar

Nursalim dan Trisnaningtyas. (2010). Online. Penerapan Latihan Asertif untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi In- terpersonal Siswa.

Prayitno dan Amti. (2004). Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Renika Cipta

Prayitno. (2012). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia

Pribadi, I. T. (2015). Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Games Social. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(2).

Pribadi, Ika Trione.(2015)"Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Games Social." Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling.

Purba , A.W.D. (2016). Hubungan komunikasi interpersonal kepada sekolah dengan motovasi kerja guru di smk multi karya Medan. Jurnal Diversita, 2(2).

Rahmat Jalaluddin. (2008). Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rasimin, Affan Yusra, (2012). "Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3.2: 314-320.

Riska. A. N. F.. Husnul. M., & Didi, S. 2017. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Inter- personal Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Assertive Training.

Sarmiati Elva.R.R (2019). KomunikasI Interpersonal. Malang: CV IRDH

Sembiring, K. (2016). Assertiveness Training melalui Bermain Peran dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal. Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, 5.

Sugiyo, Sugiyo.(2016)."Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Simbolis." Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application 5.3 : 1-6.

Sulistiyana. 2016. Upaya Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Menggunakan Latihan Asertif Di SMP Negeri BanjarBaru.

Suranto A W. (2011) Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta : Graha Ilmu

Wicaksono, Galih. (2013). Penerapan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X multimedia SMK IKIP Surabaya. Diss. State University of Surabaya.

Yulianti, and Ria Hayati. (2021)."Komunikasi Interpersonal melalui Layanan Bimbingan Kelompok di STAI Ma'arif Jambi." Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam 2.2 : 58-64.

Zuldafrial. (2012), Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Media Perkasa

https://books.google.com/books/about/Buku_Ajar_Komunikasi_Interpersonal.html?hl=id&id=2k8MEAAAQBAJ#v=onepage&q&f=false


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##