PENERAPAN PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGUBAH PERILAKU MEMBOLOS SISWA

Isti Toah, Eli Trisnowati, Riki Maulana

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengubah perilaku membolos melalui. Penerapan Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dengan teknik Self-Management pada peserta didik kelas XI SMA Negeri I Sungai Ambawang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan, dengan bentuk penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Untuk mengumpulkan data penelitian, digunakan teknik pengumpulan data yaitu (1) teknik observasi langsung, (2) teknik komunikasi langsung, (3) teknik komunikasi tidak langsung. Sedangkan alat pengumpulan data yaitu (1) pedoman observasi, (2) panduan wawancara, (3) skala psikologis, (4) studi dokumentasi. Penelitian dilakukan di kelas XI SMA Negeri I Sungai Ambawang dengan jumlah subjek penelitian 8 peserta didik. peserta didik yang melakukan perilaku membolos terdapat gejala-gejala yang ada. Gejala-gejala tersebut dapat mempengaruhi keseluruhan dari perilaku membolos. durasi (1) siswa meninggalkan pelajaran tertentu (2) siswa tidak kembali ke kelas setelah meminta izin keluar, penyebab peserta didik membolos sekolah yang sering muncul yaitu terlambat bangun sehingga niat untuk pergi sekolah sudah tidak ada, tidak menyukai mata pelajaran, tidak menyiapkan pekerjaan rumah (PR) kurang mempunyai persiapan untuk kegiatan kelas. Hasil pelaksanaan Bimbingan Kelompok dengan teknik self-management untuk mengubah perilaku membolos pada siswa kelas XI SMA Negeri I Sungai Ambawang mendapatkan persentase rata-rata 49% dengan kategori baik.

 


Kata Kunci


Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Self-Management. Membolos

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amaliyah, Hamzah, Farial (2018). Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Siswa Membolos Di SMPN 29 Banjarmasin Tahun Ajaran 2017/2018..

Anitiara. 2016. Pengurangan Perilaku membolos di Sekolah dengan Menggunakan Konseling Kelompok pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kotabumi Tahun Ajaran 2015/2016.

Aisya, D. N. 2013. Jenis-jenis Layanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi online dalam http://devinuraisya.blogspot.co.i d/, Diakses Tanggal 8 April 2017

Azwar, S. 2016. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Bandura, A. (1991). Social cognitive theory of self-regulation. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 248–287. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90022-L

Corey, G. (2012). Theory and practice of group counseling (8th ed.). Brooks/Cole

Handoko,A. (2013). Mengatasi Perilaku Membolos Melalui Konseling Individual Menggunakan Pendekatan Behavior Dengan Teknik Self Management pada Siswa Kelas X TKJ SMK Bina Nusantara Ungaran Tahun Ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi vol 4. Translated by: Drs. Mulyarto. Semarang: IKIP Semarang Pers.

Ervi, Neni Arni Yeti. 2012. Upaya Mengurangi Kebiasaan Buruk Dalam Membolos dan Mencontek dengan Layanan Bimbingan Bimbingan Kelompok Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan BK.

Gibson, Robert L dan Marianne H. Mitchell. (2011). Bimbingan Dan Konseling Terjemah Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Gunarsa, Singgih. (1981). Psikologi Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Handoko, A. 2013. Mengatasi Perilaku Membolos Melalui Konseling Individual Menggunakan Pendekatan Behavior Dengan Teknik Self Management tersedia:http://lib.unnes.ac.id/. diakses tanggal 22 april 2022.

Owa Kpam, I.N. & Okwakpam, I.O., 2012, Causes and Levels of Truancy among Secondary School Students: A Case Study of Rivers State, Nigeria,

Pinnow, Marlies and Bruce Kirkcaldy (2012). Getting access to the self: Effects of self-management therapy on the development of self-regulation and inhibitory control in obese adolescents. Journal of Behavioral Addictions 1(2), pp. 68–73 (2012) DOI Germany.

Prayitno. 2004. Layanan Konseling Perorangan. Padang: Universitas Negeri Padang Press.

P. Sarafino, E. (2012). Applied behavior analysis principles and procedures for modifying behavior. Indianapolis: John Wiley & Sons, inc.

Raymond, M.G. 2012. Behavior Modification: Principles and Procedures. University of South Florida

Robert W Lent, et al (2016) Applying the social cognitive model of career self-management to career exploration and decision-making.

Journal of Vocational Behavior 93 (2016) 47–57 . University of Maryland, College Park, United States

Safitri, N., Neviyarni S & Irianto, (2014). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Mengurangi Perilaku Membolos Siswa, Konselor, Volume 3, Number 4, December, 180-19


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##