ANALISIS KECERDASAN SOSIAL PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA MUJAHIDIN PONTIAK
Sari
Abstrak
Tujuan untuk menganalisis kecerdasan sosial pada siswa kelas X, metode yang di gunakan adalah, deskriptif yaitu penelitian yang mendeskripsikan keadaan subjek dan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak, di gunakan teknik pengumpulan data yaitu, teknik komunikasi langsung, komunikasi tidak langsung, dan teknik studi dokumenter, sedangkan alat pengumpul datanya yaitu, skala psikologi, dan panduan wawancara/interview, dan studi dokumenter dan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan X MIPA 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dengan jumlah populasi 267 orang siswa, dan sampel 39 orang siswa. Dari data yang telah terkumpul lalu di susun dan di gambarkan secara objektif dalam bentuk narasi, maka memperoleh presentase rata-rata 69% dengan kategori "Tinggi" hal ini menunjukan bahwa kecerdasan sosial sangat signifikan dengan nilai perkembangan pendidikan siswa kelas X di SMA Swasta Mujahidin Pontianak, sesuai dengan aspek social insight/wawasan sosial, aspek social sensitivity/kepekaan sosial, dan aspek social communication/penguasaan keterampilan komunikasi sosial.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdul Hamid dan Efektar, 2016. Metode internalisasi Nilai-Nilai akhlakdalam Pembelajaran
Achmadi, A. & N. (2011). Teori Metodologi Penelitian. Teori Metodologi Penelitian, 1–21.
Alamsyah Said dan Andi Budimanjaya, 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligence. Jakarta: Kencana, 2015.
Alfandi, 2001. Epistemologi Geografi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Anas Sudijono, 2011, Pengantar statistic Pendidikan. Jakarta: Rajawali Presw.
Anderson, M. (1999). The Development of Intelligence. UK: Psychological Press.
Anita Lie, 2003, Cooperative Learning, Jakarta
Apriyanti, Ningrum. (2016:1). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Modal Sosial (Survey Pada Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Bandung). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Arikunto, S. 2002. Metodologi Peneltian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Rineka
Azwar, S 2019, Penyusunan Skala Psikolog, Yogyakarta: Pustaka. Belajar
Brin Best, Strategi Percepatan Belajar, Jakarta: Esensi, 2011,
D. Sudjana, Op. Cit. 2016 Penilai Hasil Proses Belajar Mengajar
Daniel Goleman, 2006. Social Intelligence. PT Gramedia Pustaka Utama Anggota IKAPI, Jakarta 2007
Gardner, H., & Bruce Torff. (1999). The verical mind-the case for multiple intelligence. UK: Psychological Press.
Haryanto 2013, Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. https://journal.ubm.ac.id
J.J Hasibuan dan Moedjiono, Op. Cit. Remaja Rosdakarya, 2006, Bandung.ind Book
M.Yaumi dan Nurdin Ibrahim, Op. Cit. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (MultipleIntelligences)
Mathematics, A. (2016). METODOLOGI PENELITIAN. 1–23.
Munif Chatib, Orangtuanya Manusia (Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghadapi Fitrah Setiap Anak), Bandung: Kaifa, 2013, hlm. 88-89
Ningtyas, S. R. A., & Rahmawati, D. (2017). 10410021 Bab 3. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 65. http://repository.radenintan.ac.id/1457/%0Ahttp://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2701
Nurul Afrianti, M.Pd., M.Si, (2015), Profil Kecerdasan Sosial Siswa SMA Di Kota Bandung Sebagai Studi Awal Penyelenggaraan Layanan Bimbingan Konseling. Jurnal JIPT.
Pratama, R. B. (2019). Metodologi Penelitian. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 28–55.
Rukia Aslim, Martunis, Fajriani (2018), Gambaran Kecerdasan Sosial Siswa SMA Negeri Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Volume 3 Nomor 1.
Safaria, T. (2005). Interpersonal Intelligence: Metode pengembangan kecerdasan anak. Yogyakarta : Amara Books.
Sri Patmawati. (2013). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Tata Hidang Siswa SMK Negeri 4 Yogyakarta. Pendidikan Teknik Boga. http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:Z887tie_fdAJ:eprints.uny.ac.id/10561/1/Jurnal%25201.pdf+&cd=3&hl=en&ct=clnk&gl=id
Suci Riska Amelia & Muhiddinur Kamal, 2023, Tingkat Kecerdasan Sosial Siswa Di Smk Negeri 1 Tanjung Raya,
Sugiyono. (2014: 142). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, 1995. ManajemenPenelitian, rinneka Cipta, Jakarta
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##