ANALISIS GAYA BELAJAR PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SEMPARUK KABUPATEN SAMBAS

Dede Aristi, Novi Wahyu Hidayati, Hendra Sulistiawan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar pada siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Semparuk Kabupaten Sambas, Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang mengambarkan keadaan sesungguhnya dari objek yang di teliti untuk mengumpulkan data penelitian, digunakan teknik pengumpulan data yaitu, teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung dan teknik dokumenter, sedangkan alat pengumpulan datanya yaitu, paduan wawancara, skala psikologis dan dokumentasi dan populasi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Semparuk Kabupaten Sambas dengan jumlah populasi 167 orang siswa dengan sampel penelitian adalah 40 orang siswa. Dari data yang telah terkumpul lalu di susun dan di gambarkan secara objektif dalam bentuk narasi, maka memperoleh persentase rata-rata 68,25% dengan kategori “Baik” hal ini menunjukkan bahwa gaya belajar pada siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Semparuk Kabupaten Sambas sudah Baik .

Kata Kunci : Gaya belajar siswa


Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Agustakurniati, F Anjela Wika S, (2019) Analisis gaya belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia (Jurnal Pendidikan Dasar PerkasaPDP 5.12019, 87-103)

Deporter B & Hernacki M. 2016. Quantum Learning. Bandung. PT Mizan Pustaka

.

Deporter, B dan Hernacki, M. 2013. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman san Menyenangkan. Bandung Khaifa Learning.

Gunawan, A.W (2003) Bron to be a Genius. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ghufron, M. Dan Risnawati, N.R. (2014). Teori – Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

.

Heru Ku, Luh Devi H, Maria E.S, Nurhasanah N (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. (Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 22 No. 1).

Ibnu R. Khoeron, Nana S, Tatang P (2014) Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran produktif (Jurnal of Mechanical) Education, Vol, 1, No-2 Desember 2014)

James. W. Popham and Kennet. A Sirotrik. Dalam Semilah. (2004). Analisis Layanan Informasi Kehidupan Sosial Oleh Guru Pembimbing Kepada upan Sosial Oleh Guru Pembimbing Kepada Siswa Kelas II SMP Negeri 19 Pontianak. Skripsi. STKIP-PGRI.

Neleke H, Jeanete O.P, (2016) Identifikasi gaya belajar mahasiswa (Jurnal Psikoogi Undip Vol. 15 No. 1 April 2016, 56-63).

Nidawati (2013) Belajar Dalam Perspektif Psikologi dan Agama (Jurnal Pionir, Volume 1, Nomor 1, Juli Desember 2013)

Lucy, B dan Ade J.R (2012) Dasyatnya Bran Smart Teaching. Jakarta Penebar Swadaya Grup.

Meylinanaini. (2010) Jenis-jenis Gaya Belajar. (Online). Tersedia: http://meylinaini.blogspot.com/2010/05/jenis-jenis-gaya-belajar. html (23 September 2013).

Mappiare, A (2010). Jenis-Jenis Gaya Belajar. (Online). Tersedia: http://meylinanaini.blogspot.com/2010/05/jenis-jenis-gaya-belajar. html (23) September 2013).

Novita A, Abdul H.K, (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online-Offline dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris (Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, Vol. 2, No. 1, Juni 2015)

Nawawi, Hi. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Unirversity Press.

Nasution, S. (2011) Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara..

Rismawati, T. (2010). Hubungan antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pontianak. Skripsi, Pontianak ; STKIP-PGRI Pontianak.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung ALFABETA.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sugiyono (2017) Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung :

Alfabet, CV.

Sutikno, M.S, (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok Holistica.

Setyadin dalam Gunawan. (2013 : 160). Diakses dari laman web tanggal 26juli 2017 dari : (http:/repostory.upi.edu)

Sukardi. (2014). Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadiana, Nana S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Ul-Haqq, Mushlihah (2009) Peranan Sistem Full Day Shool Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Mts Surya Buana Malang. Malang Unirversitas Islam Negeri Malang.

Tohirin. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam bimbingan dan konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada

.

Willis, Sofyan S. 2011 konseling individual, Teori dan praktek. Bandung :

Alfabeta

Winna D, Unung Ve, Ratih W.N, (2018). Analisis dan perancangan E-Learning adatif berdasarkan gaya belajar pada mata pelajaran simulasi digital di Smk Negeri 7 Pontianak. (Jurnal Wahana Didaktika Vol. 16 No.2 Mei 2018).

Zuldafrial dan Lahir. 2010. Penelitian Kualitatif. Surakarta; Yuma Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##